Social Icons

Belajar yang menyenangkan

Salam kreatif...
Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan sesuai dengan yang Anda inginkan, dan menjadikan tempat terdamparnya para peselancar (pencari informasi) yang lain untuk singgah pada blog ini. baca selanjutnya  

Mau lebih cepat saat akses internet?. Gunakan Torch Browser unduh di sini klik, disamping lebih cepat, juga memiliki kemampuan untuk mengunduh audio dan video langsung.



  • Belajar yang menyenangkan
  • Ketika aku sedang dalam proses mempelajari sesuatu, aku akan mudah mendapat pengetahuan yang ku pelajari dengan baik, apa bila "rasa dan rasio ku itu sinkron". Untuk itu, aku berusaha selalu sinkron. Agar selalu tetap sinkron, kulupakan masa laluku. Masa lalu itu tidak pernah ada. Yang ada adalah, masa sekarang!. Dan masa yang akan datang.... Ironisnya semakin banyak dipelajari, semakin banyak baca, semakin banyak pula yang tidak ku ketahui. Berikut ini, bukan berarti penulis sok tahu. Pembaca yang budiman, kiranya tidak keberatan agar memberikan kritik dan sarannya.

    Anak terlantar dan diterlantarkan. Anak, dalam sebuah keluarga, merupakan anugerah dari Nya. Dalam keseharian, banyak kita jumpai anak-anak terlantar. Terlantar, tidak selalu dalam kehidupannya serba kekurangan. Akan tetapi, karena kesibukan orang tua, yang kemudian memanjakan anak berlebihan dapat menjadikan anak terlantar. Terlantar tanpa kasih sayang, dan kehidupannya bagaikan bunga yang tumbuh liar di semak belukar, kehadiran anak seolah tak diharapkan. Aku anak siapa?



    Jika anak, tidak lagi mendapat rasa kasih sayang dari orang tua. Apa yang akan terjadi?

    Menumbuhkan rasa percaya diri kepada anak, awali dari rasa senang, ajak berdoa, merencanakan, dan menyongsong hari esok yang agar baik.



    Dengarkan berikut ini


    Ingat pesan tokoh pendidikan Kihajar Dewantara, 'cipta, rasa, dan karsa'. Ketiganya merupakan bagian yang integral, tidak dapat dipisahkan.
    Dua lagu dinyanyikan oleh Karen Young dan Oscar Haris, dengan judul lagu Nobobdy's Child dan Follow me. Lagu tersebut membawa pesan agar kita peka terhadap rasa, perasaan, dan apa yang terjadi di lingkungan kita. Dan terintegrasikannya cipta, rasa, dan karsa, bekerjalah dengan rasa. Berusahalah mensinkronkan rasio dan rasa, jangan pernah mematikan rasa!.

    Musik adalah bahasa universal. Kita tentu tahu, bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat menembus dimensi ruang, waktu, dan bahkan lintas negara. Tahukah Anda, bahwa keuniversalan seni musik dapat menembus jauh ke lubuk hati yang paling dalam, tanpa mengenal batasan usia, strata dalam kehidupan, maupun ras.


    Musik, adalah bagian dari seni. Musik dan seni, dua kata digabung disebut seni musik. Seni musik merupakan ungkapan rasa manusia yang banyak memberikan inspirasi dalam kehidupan. Melalui seni musik, selain dapat menghibur, dapat memberikan inspirasi, kekuatan, semangat, hingga nilai-nilai kemanusian, mempererat persaudaraan, dan bahkan dengan mendengarkan musik, tanpa harus memahami arti dalam lirik lagu, orang dapat meneteskan air mata. Selama masih dalam jangkauan media berbasis TIK, seni musik dapat menjangkau berbagai lokasi menggunakan media streaming.


    Terkait dengan yang Anda saksikan, dengan media streaming. Media streaming, bagian dari media. Berbicara tentang media tidak terlepas dari ketertarikan orang (human interest), sudut pandang /perspektif, dan sikap yang ditimbulkan oleh media.


    Pengetahuan ICT/TIK tidak bisa dihindari. Audio video streaming. Audio yang berarti "suara" atau "reproduksi suara". Berbagai format untuk audio antara lain: .WAV, . AAC, .MP3, dll. Video, gabungan dari suara dan gambar (live picture atau style picture) yang dikemas menggunakan berbagai format, misal: .MOV, .AVI, .MPG, .FLV, dll. Berikut ini tentang suara audio, bila Anda seorang guru / pendidik, contoh berikut ini akan dapat membantu menjelaskan pada peserta didik pada pelajaran IPA. Melalui contoh-contoh berikut, Anda dapat saksikan, unduh, dan lanjut. Kita serius, tapi santai  Ikuti berikut 


    Reformasi. Perkembangan dan pertumbuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari waktu ke waktu mengalami evolusi dan revolusi yang sangat besar. Hal itu, merubah kehidupan orang dalam berbagai hal. Reformasi, adalah perubahan terhadap suatu sistem yang ada dalam suatu masa, tidak terkecuali birokrasi (reformasi birokrasi). Dari sumber berikut, makna reformasi birokrasi adalah: Perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintahan Indonesia; Pertaruhan besar bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan abad ke-21; Berkaitan dengan ribuan proses tumpang tindih antarfungsi-fungsi pemerintahan, melibatkan jutaan pegawai, dan memerlukan anggaran yang tidak sedikit; Upaya menata ulang proses birokrasi dari tingkat tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berfikir di luar kebiasaan/rutinitas yang ada, dan dengan upaya luar biasa; Upaya merevisi dan membangun berbagai regulasi, memodernkan berbagai kebijakan dan praktek manajemen pemerintah pusat dan daerah, dan menyesuaikan tugas fungsi instansi pemerintah dengan paradigma dan peran baru.

    Yang mudah, itu tidak mudah. Materi bahan ajar yang disampaikan melalui e-learning contoh, multimedia. Multimedia adalah gabungan dari berbagai unsur-unsur media digital yang terdiri dari teks, grafik/fotografi, animasi, audio, video, dan interaktifitas. Ketika multimedia berjalan linear orang menyebutnya movie atau filem. Kemudian saat multimedia memiliki kemampuan interaksi dengan penggunanya, sehingga disebut multimedia interaktif. Dan apabila multimedia interaktif diterapkan dalam proses pembelajaran, maka disebut ‘multimedia pembelajaran interaktif’. Disebut demikian, karena pesan dan informasinya mengandung unsur proses belajar dan pembelajaran. Mari kita dengarkan yang satu ini.

    Audio Streaming
    Romi Satria Wahono
    Lecture Notes in Software Engineering Computing Research and Technoprenership
    http://romisatriawahono.net/
    Streaming
    Menggunakan format .SWF
    Streming
    Menggunakan format .HTML

    Artinya, dalam membuat dan mengembangkan media berbasis ICT/TIK melibatkan banyak orang yang sesuai dan kompeten dibidangnya.
    Perkembangan TIK, untuk implementasi kedepan membutuhkan kajian diberbagai hal.
    Apa yang dipertahankan sekarang?. Siapa yang harus berubah dan merubah situasi yang ada?. Ke depan, bagaimana perkembangan TIK ditahun 2020 - 2025 digunakan, ikuti selanjutnya


    Lanjutan, serius... tapi santai...

    Musik untuk pikiran, Campbell (2001, hal 241). Peleburan memori mental dan memori indrawi penting sekali untuk pembelajaran yang produktif, dan kegiatan  membuat musik secara aktif menggabungkan proses-proses ini secara efektif dari pada bila hanya mendengarkan. Dalam kenyataan, belajar secara aktif -- yakni, belajar melalui tubuh --- sesungguhnya merangsang sistem memori yang berbeda dalam otak dibanding  yang dirangsang oleh pembelajaran pasif, atau verbal. dan melibatkan bagian-bagian kortes serebral yang lebih banyak.

    Berikut ini lagu pop daerah. Jika Anda akses menggunakan notebook, iPad, atau yang lainnya gunakan head phone. Jika akses menggunakan personal komputer, gunakan aktif speaker. Dengan catatan Anda telah menginstall flash player, baik untuk OS android, OS wind, maupun untuk Mac. Selanjutnya perhatikan di bawah ini.


    Perhatikan! Membuat seperti yang Anda saksikan di atas itu mudah. Dibandingkan dengan proses mendidik. Karena mendidik, tidak sekedar mentransfer pengetahuan kepada peserta didik. 

    Sekolah kok takut. Apa yang ditakuti?, pelajarannya?. Ilmu pengengetahuan alam (IPA), fisika dan matematika biasanya pelajaran yang ditakuti siswa, apa iya? Perhatikan di atas: audio (bunyi), grafik batang, amplitudo, dan panjang pendek gelombang. Kaitannya dengan pelajaran fisika, matematika, dan seni, menarik kan.... Gerak dinamis mengikuti tinggi rendahnya nada dan irama lagu.


    Sekilas tentang suara/bunyi, dan amplitudo. Amplitudo adalah pengukuran obyektif dari tingkat perubahan (positif atau negatif) pada tekanan atmosfer (kompresi dan penghalusan molekul udara) yang disebabkan oleh gelombang suara. Suara dengan amplitudo yang lebih besar akan menghasilkan perubahan besar pada tekanan atmosfer dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.


    Gelombang bunyi. Bunyi, adalah gelombang tekanan dalam medium seperti udara, air atau baja. Apabila mampatan dan renggangan gelombang mengenai selaput pendengaran kita, kita mendengar bunyi itu dengan catatan bahwa frekuensi gelombang harus di antara 20 Hz dan 20 000 Hz. Gelombang yang berfrekuensi di atas 20 kHz dikenal sebagai gelombang ultrasonik. Yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hz disebut gelombang infra sonik (Hal 23, Frederick 1999).

    Salah satu dari keunggulan "Multimedia pembelajaran interaktif" adalah,  mampu menjelaskan sesuatu yang sulit dijelaskan. Contoh berikut ini menjelaskan sumber suara, gelombang udara yang digambarkan dalam bentuk garis, hingga menyentuh genderang telinga. 



    Brani nggak! (wani piro?...). Untuk dapat melakukan (membuat) apa yang Anda saksikan di atas, diperlukan keberanian. Keberanian merubah diri dan meluangkan waktu, dan keluar dari rutinitas!. Masih ingat pepatah?. Bagaikan katak di bawah tempurung. Sebuah peribahasa yang sering kita dengar. 'Tempurung' menyiratkan sebuah sistem, karena faktor alam, atau faktor-faktor lain, sehingga orang terisolir dari keterhubungan antar manusia. Penulis yakin dan percaya bahwa pembaca tidak demikian adanya.

    Jangan kemana-mana saksikan tayangan berikut!



    Yang Anda saksikan adalah,usaha pada seekor katak. Katak yang berusaha keluar, dan memanjat dinding tembok yang tingginya melampaui tinggi tubuhnya. OK lah kalau begitu, biarkan katak dengan caranya sendiri akan keluar dari tempurung kelapa, (keluar dari ketebelengguan). Jangan puas dengan contoh di atas! Silakan unduh contoh 1 contoh 2 (tidak untuk komersial)

    Kita kembali ke... "amplitudo". Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh dari garis kesetimbangan dalam gelombang sinusida (sinusoide) yang terdapat pada pelajaran fisika, yang digambarkan dalam dua dimensi seperti gambar di bawah ini (hal. 98, bab 11.;Frederick 1999).


    Properti gelombang suara. Ketika kita berbicara tentang suara/audio, tidak terlepas dari tiga pokok yang harus dipahami. Gelombang suara memiliki sifat tertentu. Sifat tersebut tergantung dari sifat gelombang. Tiga pokok properti gelombang suara.

    1. Panjang gelombang. Panjang gelombang  (fisika) dari gelombang sinusoida. adalah jarak antara setiap titik pada gelombang dan titik ekuivalen pada fase berikutnya. 
    2. Amplitudo, peak to peak amplitudo, perubahan gelombang pada puncak tertinggi dan terendah. Peak-to-peak adalah pengukuran langsung pada sebuah osiloskop.
    3. Frekuensi, banyaknya jumlah getaran (gelombang/putaran/perulangan) dalam satu detik. 
    Dengan gain amplitudo dan frekuensi di bawah ini, Anda dapat mengubah properti gelombang suara yang digambarkan dalam dua dimensi, panjang, pendek, tinggi, dan rendahnya gelombang.


    Demikian sekilas tentang amplitudo dan gelombang bunyi, berikut propertinya. Untuk sekolah yang sudah memiliki fasilitas ICT, berikut ini bagi Anda yang kesulitan menjelaskan pelajaran IPA fisika, dapat menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk pelajaran tersebut. Prosesnya sangat mudah, tidak perlu ada pemrograman yang sulit.  Mempelajari aplikasi ini, tidak sulit, hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 s.d 40 menit. Anda dapat mengunduhnya, install,dan selanjutnya terserah Anda, klik.

    Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat revolusioner. Saat kita mengakses internet, dengan memasukkan kata kunci. Kita akan mendapatkan ribuan informasi. Bila informasi sebatas teks, grafik, dan foto, itu hal yang wajar. Akan tetapi, ketika banyak situs atau blog yang memberikan informasi berupa audio, video. Ini adalah perubahan yang revolusioner di era teknologi digital. Dengan menggunakan berbagai peralatan komunikasi, setiap orang dengan mudah membuat, mengunggah audio video, dan penerima dapat menerima pesan berupa audio video (streaming) melalui jaringan internet. Berikut ini tentang streaming.


    Apa itu media streaming?

    Media streaming, proses pengiriman/penyampaian pesan menggunakan teknologi sebagai sarana komunikasi. Kata streaming dari bahasa inggris stream + ing, yang berarti mengalir terus. Media streaming, dalam wiki adalah, streaming media are multimedia that are constantly received by and presented to an end-user while being delivered by a provider. Its verb form, "to stream", refers to the process of delivering media in this manner; the term refers to the delivery method of the medium rather than the medium itself. Media streaming dari wiki dapat kita tarik kesimpulan, bahwa media streaming, adalah 'audio video on demand'. Audio video on demand, adalah sistem yang memberikan layanan kepada pengguna akhir untuk memilih konten, dengan cara menonton video, atau mendengarkan audio. Pada media streaming atau audio video on deman, pengguna akhir dapat mengakses kapan saja dimana saja.

    Media streaming, sebagai sarana komunikasi, memerlukan pita lebar bandwidth. Media tersebut dianalogikan air yang mengalir melalui saluran pipa. Dari analogi tersebut, mana sebagai air?, pipa?, dan dari mana air mengalir?. Bandwidth besar (pita lebar) agar informasi dapat diterima lancar, (tidak terputus-putus) maka diperlukan pipa besar. Apa bandwidth dan hubungannya dengan komunikasi?


    Sebelum membicarakan media streaming sekilas tentang, 'media dan komunikasi'.

    Media dan komunikasi. Media = medium, komunikasi = komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain wiki. Membicarakan tentang "media dan komunikasi", sangat banyak, dan terlalu banyak untuk dibahas pada posting ini. Berikutnya singkat tentang komunikasi.Komunikasi atau penyampaian pesan menggunakan media, ada dua cara, yaitu:

    Komunikasi langsung synchronous communication, adalah, penyampaian pesan secara langsung. Dalam berkomunikasi disinkronkan antara komunikator dengan komunikan. Keduanya terlibat komunikasi dan dialog dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan media.

    Komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, adalah penyampaian pesan, dengan tidak melibatkan komunikan dalam waktu yang bersamaan.

    Membicarakan media, pada komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, diera teknologi digital. Media dibagi menjadi dua, "media cetak" dan "media non cetak". Berikut ini komunikasi penggunaan media cetak dan non cetak (media elektronik).
    • Media non cetak (media elektronik): pesan e-mail, forum diskusi, blogging, dan pesan SMS melalui ponsel, dll.

    • Media cetak, adalah semua media cetak, buku, majalah, surat kabar, dll.
    Komunikasi tidak langsung asynchronous communication, dan komunikasi langsung synchronouse communication, kedua istilah tersebut dalam dunia pendidikan menjadi asynchronouse learning dan synchronouse learning.

    Sudut pandang, sikap prejudice, dan menilai. Membicarakan media dan komunikasi, baik langsung maupun tidak langsung, juga tidak terlepas dari sikap ketertarikan orang (human interest), persepsi (sudut pandang), menilai dan  prejudice. Itu semua tidak terlepas dari sikap yang dilatarbelakangi oleh berbagai latar belakang masing-masing individu.
    Demikian sekilas tentang media, komunikasi, dan sikap prejudice.


    Kembali ke... Streaming Apa itu bandwidth?, sekilas tentang bandwidth. Bandwidth adalah, bila digunakan pada jaringan komputer. Istilah tersebut sama dengan pada suatu proses transfer rate data. Transfer rete data, merupakan jumlah data digital yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Dalam suatu proses pemindahan data, kecepatan data dilihat sebagai suatu perjalanan dari jumlah yang diberikan dari satu tempat ke tempat lain.

    Bandwidth, dalam komunikasi elektronik. Adalah pita dengan rentang lebar, berupa sinyal frekuensi elektronik pada penggunaan media transmisi yang diberikan oleh provider. Semakin besar bandwidth yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat transfer data, dan memiliki akurasi tinggi. Dengan akurasi tingkat tinggi, proses komunikasi tidak mengalami keterlambatan antara suara dan gambar (tidak terputus-putus).

    Pernah Anda dengar teknologi 3G?. Teknologi generasi ke tiga (3G), dalam bahasa inggris third generation technology. Istilah yang sudah dibakukan oleh International Telecommunication Union (ITU). Istilah 3G, adalah istilah untuk aplikasi jaringan telepon seluler, merujuk pada perkembangan teknologi telepon nirkabel seluler versi ke tiga. Melalui versi tersebut, pengguna telepon seluler dapat mengakses internet dengan kecepatan bandwidth 384 kilobit per detik (kbps). Generasi ke 3 (3G), merupakan generasi pertukaran informasi dengan kecepatan tinggi ( high-speed ), untuk pita lebar ( broadband ). Demikian sekilas bandwidth. Generasi teknologi ini menjadikan dunia semakin mengglobal.

    Saksikan contoh multimedia berikut ini!
    Globalisasi, salah satunya adalah ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang makin memasyarakat. Apapun informasi yang masuk dari berbagai belahan dunia, tanpa dapat dikontrol. Pan-kun adalah simpanse muda dan seekor buldog, sering tampil di NTVJepang. Keduanya adalah sahabat yang baik dan setia, dan saling membantu. Bagaimana cerita tersebut, ikuti tayangan dari youtube berikut ini. Dampingi putra putri saat mengakses internet dirumah!

    Dapatkah Anda memaknai pesan alur cerita tersebut? Contoh di atas merupakan bentuk komunikasi tidak langsung asynchronosue communication. Multimedia (video), yang didisplay dengan format .FLV player.

    Singkatnya pengertian bandwidth adalah jumlah data digital elektronik, yang diubah menjadi komponen media yang terdiri dari teks, animasi, grafik style picture / live picture, dan audio, atau data streaming lainnya yang ditransfer dari server ke pengguna akhir (client) atau sebaliknya, dari pengguna akhir ke server (Uload). Server adalah, sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. 


    Semakin besar bandwidth, semakin cepat proses transfer data. Kecepatan proses transfer data, media streaming digunakan sebagai sarana media komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan (live streaming). Live streaming, media streaming juga digunakan untuk komunikasi dengan banyak orang dalam suatu event (tele conference). 


    Masih ingat kah?, di atas disebut tentang komunikasi langsung synchronous communication. Pertemua jarak jauh menggunakan media streaming disebut konferensi jarak jauh (tele conference).


    Tele konverensi 
    Tele konferensi  tele conference, adalah pertemuan jarak jauh yang dilakukan antara dua orang peserta atau lebih. Pertemuan menggunakan teknologi canggih, dalam waktu yang bersamaan. Meskipun demikian, telekonferensi sederhanapun, dapat juga dilakukan dengan menggunakan telepon, prosesnya dengan cara berbagi speaker audio phone.

    Matt and David talk to two colleagues in Germany and Hong Kong via conference phone about developing their new website and intranet system. This is Unit 11 from Oxford University Press' Business Result Upper-intermediate (youtube).

    Tele konferensi menggunakan teknologi canggih. Dalam hal ini semua pihak terlibat dalam komunikasi/dialog, tidak sekedar mendengarkan. Peserta dapat menyaksikan gerakkan pembicara dan gerak peserta lain dalam waktu yang bersamaan. Tele konferensi ini, disebut juga video konferensi (VICON), atau dapat disebut juga live streaming. Peralatan yang diperlukan mobile phone, iPad, note book atau komputer pribadi, kamera, mikrofon, modem broadband jaringan internet pita lebar (bandwidth), dll. Perangkat lunak yang diperlukan, media player. Media player berfungsi mendisplay multimedia (video), atau audio. Berikut ini, adalah gambaran tentang hal tersebut, dapat Anda saksikan komunikasi dalam waktu yang sama realtime antara satu peserta dengan yang lain. 

    Contoh dari youtube telepresent...
    Agar client yang sedang berada di berbagai lokasi dapat terlibat dalam komunikasi, peralatan tersebut dilengkapi dengan perangkat lunak skype. 
    Bagaimana cara / sistem kerja video konverensi
     

    Dengan skype, dapat melakukan video call, multi video chat, komunikasi dengan banyak orang, dll. Skype aplikasi dapat digunakan pada komputer pribadi, komputer notebook, tablet, dan perangkat lain yang telah dilengkapi dengan kamera dan mikrofon. Anda dapat mendownloadnya aplikasi tersebut pada di sini klik .

    Yang Anda saksikan adalah gambaran komunikasi langsung menggunakan aplikasi skype. Aplikasi skype adalah (
    perangkat lunak) teknologi yang mampu mengantarkan pesan langsung. Pesan dan komunikasi dilakukan dengan banyak orang secara bersamaan dalam waktu nyata live streaming. Live streaming, komunikasi langsung baik antar individu maupun kebanyak orang secara waktu nyata (real time). 

    Demikian sekilas tentang media streaming, dan contoh-contohnya. Narasi yang terdapat pada contoh-contoh yang ada mungkin tidak relvan dengan posting ini, akan tetapi hal itu adalah gambaran yang menggambarkan media streaming.

    Audio streaming
    Audio streaming, merujuk pada media streaming. Adalah pesan berupa audio, yang dikirim menggunakan teknologi jaringan internet. Penerima pesan, akan menerima dengan cara mendengarkan pesan yang disampaikan menggunakan audio streaming. Audio streaming, biasa digunakan pada radio. Radio streaming, contoh dapat anda kunjungi di radio radio streaming indonesia, radio online, Indonesia Radio Stations, dll.

    Masih ingatkah? di atas disebut ...sekilas media dan komunikasi..., membicarakan hal tersebut tidak terlepas dari sudut pandang (perspektif), prasangka (prejudice). Indonesia kaya akan budaya dari berbagai etnis, agama, ras, bahasa, dll. Dalam berkomunikasi langsung maupun tidak langsung, sebuah pernyataan akan dapat menimbulkan sudut pandang atau persepsi, dan bahkan menimbulkan prasangka baru pada kedua pihak (komunikan, komunikator). Apa itu persepsi? Kata persepsi bila digunakan dalam fotografi atau gambar, adalah sudut pandang pada suatu objek. Saksikan dan arahkan mouse Anda pada masing-masing objek di bawah ini!

    Yang Anda saksikan adalah gambar 2 dimensi, karya M. Yusuf Tahir (kandidat Doktor). Jika dalam kehidupan, sudut pandang / persepsi dilihat dalam arti yang lebih luas, akan menimbulkan prasangka (prejudice), atau sikap tertentu pada kedua belah pihak.

    Apa prejudice/prasangka itu?

    Prejudice / prasangka, adalah keputusan awal yang dilakukan secara sadar. Keputusan yang dibuat, tanpa melihat fakta yang sebenarnya/relevan pada sebuah kasus. Gordon Allport mendefinisikan prejudice / prasangka sebagai "perasaan, menguntungkan atau tidak menguntungkan, arah seseorang atau sesuatu, sebelum, atau tidak berdasarkan, pengalaman aktual. Bila prasangka awal prejudice dibarengi dengan penilaian. Maka hasil penilaian yang terbentuk, biasanya tidak menghasilkan hasil yang baik dan benar. Melalui posting ini, pembaca dapat menyaksikan prejudice dalam kehidupan sehari-hari di sekeliling kita. 

    Mengapa orang bersikap prejudice? Prasangka prejudice, seiring dengan menilai. Dalam pergaulan proses menilai dan sikap prejudice terhadap seseorang, hal ini terjadi karena dilatarbelakangi berbagai hal, antara lain: jenis kelamin, kelas sosial/strata dalam kehidupan, kecacatan seseorang, usia, agama, ras/etnis, seksualitas, bahasa, kewarganegaraan, karakteristik, dan sifat-sifat pribadi lainnya.

    Akankah Anda bersikap prejudice? Contoh, audio streaming, berikut, merupakan satu diantara sekian banyak budaya yang ada di Indonesia.
    Dari yang Anda saksikan, masihkah bersikap prejudice? Pesan berupa potongan audio streaming yang terdokumentasi, disampaikan menggunakan pendekatan kearifan lokal local wisdom.
    Kearifan lokal (lokal wisdom) Dalam Kamus Inggris Indonesia John M. Echols dan Hassan Syadily, lokal berarti setempat, sedangkan wisdom (kearifan) sama dengan kebijaksanaan. Secara umum maka lokal wisdom (kearifan setempat) dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Dalam disiplin antropologi dikenal istilah lokal genius. sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31686/4/Chapter%20II.pdf.
    Dari sumber yang sama, Gobyah (2003), mengatakan bahwa kearifan lokal (lokal genius) adalah kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung didalamnya dianggap sangat universal.

    Dari sumber yang sama, Gobyah (2003), mengatakan bahwa kearifan lokal (lokal genius) adalah kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung didalamnya dianggap sangat universal.
    Dalam bahasa jawa 'Yen lali ojo kesuwen, yen salah ojo kakehen.' Dalam bahasa Indonesia, jika lupa jangan terlalu lama lupa, apabila melakukan kesalahan jangan sampai banyak salah. Segera sadar dan kembali jalan yang benar dengan petunjuk Nya. Pada posting ini, yang sangat mungkin terdapat salah kata atau ada kosa kata yang kurang berkenan di hati pembaca, mohon kritik dan saran. 



    Kesimpulan
    Dalam berbagai hal dalam kehidupan, mengandalkan intelligence quotient (IQ) tidak cukup, tanpa diimbangi Emosional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), Adversitas Quotient (AQ).
    Komunikasi dengan teknologi digital, merubah kehidupan dan cara komunikasi. Berawal dari generasi teknologi analog, yang dipetakan menjadi 3 generasi yang disingkat 3G. Cara berkomunikasi pun berubah. Dengan menggunakan teknologi 3G, dimanapun keberadaan orang dapat berkomunikasi secara langsung (see you see me), maupun tidak langsung, selama masih dalam jangkauan teknologi tersebut.
    Media streaming, cara penyampaian pesan dan komunikasi menggunakan teknologi, baik langsung synchronouse maupun tidak langsung asynchronouse.

    Komunikasi langsung synchronouse communication = live streaming dengan media streaming. Adalah komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan (real time). Pada live streaming, penerima pesan dapat berdialog dengan nara sumber dan dapat menyaksikan atau mendengar.

    Media streaming, pada komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, adalah pesan yang disampaikan menggunakan multimedia (audio atau video) yang terdokumentasikan (audio video on demand). Penerima pesan (komunikan), dapat mencari, mendengarkan, menyaksikan, dan mengkomunikasikan kepada nara sumber, dimanapun dan kapanpun selama masih dalam jangkauan teknologi. Pengiriman pesan melalui media streaming, tidak hanya audio video. Audio/video ondemand, dapat berupa musik lagu, atau berikut visual.

    Music on demand. Pendistribusian musik melalui jaringan internet, menggunakan media streaming. Pengguna akhir dapat memilih, menyaksikan, mendengarkan, atau berkaraoke, dan mendownloadnya.


    Audio, video, music, on demand yang disampaikan kepada pengguna akhir menggunakan media streaming adalah multimedia terdokumentasi.


    Synchronouse dan asynchronouse communication. Kedua istilah itu dalam dunia pendidikan disebut synchronouse dan asynchronouse learning. Berkembangnya teknologi dan penggunaan istilah tersebut merubah cara dan proses belajar dan pembelajaran menggunakan teknologi.

    Synchronouse learning dan asynchronouse learning. Synchronouse learning proses belajar mengajar yang melibatkan pengajar, pembelajar, media dan teknologi. Proses ini, dalam waktu yang disinkrondkan antara pengajar dan pembelajar secara bersamaan (real time).


    Asynchronouse learning, proses belajar mengajar yang dilakukan dengan waktu yang tidak bersamaan. Dalam proses ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan (society learning). Dan proses pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja pembelajar berada, selama masih dalam jangkauan teknologi.

    Globalisasi diberbagai hal dalam kehidupan. Hal ini menjadi pertanyaan, akankah kearifan lokal (local wisdom) termarginalkan?



    TIADA HARI TANPA BELAJAR / BELAJAR SEPANJANG HAYAT 

    Terima kasih atas kunjungan.
    Sudahkan Anda mengunduh yang di atas?. Bagi yang ingin mengembangkan audio streaming silakan unduh pada berikut AS2  AS3 (tidak untuk komersial).



    Daftar bacaan

    Campbell Don, (2001). Efek Mozart Bagi Anak-Anak, Meningkatkan Daya Pikir, kesehatan dan Kreatifitas Anak Melalui Musik. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta 2001.
    Frederick J. Bueche, Ph.D, (Profesor of Physic University of Dayton), (1999). Teori dan soal-soal Fisika, edisi kedelapan. Alih bahasa: Drs. Darmawan, M.Sc. Institut Teknologi Bandung. Pnerbit Erlangga, Jl. H Baping Raya No. 100 Ciracas. Jakarta 13740.


    Dr. Ir. Bob Foster, M.M., (1997). FISIKA SMU Jilid 1 B Semester 2. Penerbit Erlangga, Jln. H. Baping Raya No. 100 Ciracar, Jakarta 13740.

    Suharyanto, 
    Karyono, Dwi Satya Palupi (2009). FISIKA untuk Kelas XII SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

    Understanding Prejudice and Racism, (Gordon W. Allport, diunduh Desember 2013). 11556_Chapter_1 http://www.sagepub.com/upm-data/11556_Chapter_1.pdf

    Sukis Waryono, Yani Muharomah (2008).
     Mari Belajar Alam Sekitar, Panduan IPA Terpadu. Untuk Kelas IX SMP/MTs. Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional, Penerbit CV. Usaha Makmur. 

    Dewi Ganawati, Sudarmana, Wiwik Radyuni (2008). Pembelajaran ILMU PENGETAHUAN ALAM. Untuk SMP dan MTs. Terpadu dan Kontekstual. Departemn Pendidikan
    Nasional dari Penerbit PT. Karya Mandiri Nusantara.

    Sri Budiarti, Kompasiana (Desember 2013). IQ, EQ, SQ dan AQ, http://edukasi.kompasiana.com/2010/07/21/iq-eq-sq-dan-aq-200804.html

    http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31686/4/Chapter%20II.pdf http://searchunifiedcommunications.techtarget.com/definition/Skype  


    Gordon W. Allport, The Natur of Prejudice. http://faculty.washington.edu/caporaso/courses/203/readings/allport_Nature_of_prejudice.pdf  
    Kearifan lokal, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309073/B-INTEGRASI%20NILAI-NILAI%20KEARIFAN%20LOKAL%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20UNTUK%20MENANAMKAN%20NASIONALISME%20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf http://www.psychologymania.com/2012/11/pengertian-kearifan-lokal.html  http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/konsep-kearifan-lokal.html#.Ufx8wZI3aNo  http://www.academia.edu/846503/Kearifan_Lokal_dalam_Perspektif_Epistemologi_Irfani  http://id.wikipedia.org/wiki/Gerak_harmonik_sederhana http://id.wikipedia.org/wiki/Harmonisa
    http://en.wikipedia.org/wiki/Broadband

    Dirgahayu Kemerdekaan NKRI

    Salam kreatif... 
    Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan...baca selanjutnya 

    Merdeka, Merdeka, dan tetap Merdeka... 

    Kemerdekaan Indonesia diraih melalui berbagai peperangan yang terjadi secara sporadis di berbagai penjuru tanah air Indonesia. 
    Peperangan yang tidak seimbang. Tentara kolonial dengan dibekali senjata otomatis, tank berlapis baja, dan pesawat terbang, dilawan hanya berbekal bambu runcing. Rakyat bersatu melawan dan mengusir penjajah di tanah air Indonesia. Tank baja memang keras, tidak dapat ditembus peluru, akan tetapi rakyat yang menyatu diseluruh Indonesia  dan tekad bulat, jauh lebih keras melampaui kerasnya tank baja.

    Semangat yang membara, berikut Pidato bung Tomo.


    Bapak Proklamator RI




    Pelajar Australia menyanyikan lagu Indonesia Raya.


    Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki sejarah panjang. Sejarah mencatat, tidak sedikit rakyat dari Sabang sampai Merauke, dan berbagai suku bangsa menjadi korban di tanah air. Seperti disebut Bung Tomo, tekat bulat perang mengangkat senjata, demi kemerdekaan. 17 Agustus 1945, merupakan sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

    Pahlawan berjuang dan berkorban rela mati demi kemerdekaan. Apa yang sudah kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan?, dengan rentang waktu dari 17 Agustus 1945, hingga sekarang?. Menjadi pahlawan dan mengisi kemerdekaan tidak selalu mengangkat senjata. Perangi kebodohan dan kemiskinan. 

    Apa pendapat dan perasaan Anda setelah menyaksikan pidato Bung Tomo? Kita tunggu Tomo - Tomo muda di era kemerdekaan, untuk mengisi kemerdekaan.






    Seharusnya Anda tahu, ikuti tayangan berikut ini!

    Mengapa belajar Pancasila? Mari kita belajar Pancasila

    Posting ini diambil dari berbagai sumber. Tinggalkan komentar Anda.


    Saatnya Berubah



    Salam kreatif... 
    Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan...baca selanjutnya



  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)   
    Tidak terbayangkan bahwa teknologi akan secanggih sekarang. Apabila kita mencoba merenungkan sejenak, dan kita tarik garis waktu. Berawal dari tahun 90an hingga sekarang, sungguh menjadikan kita harus melek teknologi. Teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu betapa pesatnya.

    Berubah?... brani nggak?... siapa takut!

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak lebih hanya sekedar alat. Letak geografi yang saling berjauhan, berlainan suku bangsa, bahasa, dan bahkan lintas negara, hal itu bukan lagi sebagai kendala dan penghalang untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi. Diera serba teknologi, dalam kehidupan ini sangat terbantu oleh kehadirannya, tidak terkecuali dunia pendidikan.

    Banyak artikel-artikel yang dimuat pada jaringan internet. Pada tanggal 17 Maret 2013, penulis mencari artikel dengan kata kunci "teknologi informasi dan komunikasi" menggunakan mesin google.  Penulis mendapatkan sekitar 817.000 (delapan ratus tujuh belas ribu), artikel yang terkait dengan kata kunci. Hal itu terjadi dalam hitungan kurang dari 1 detik (tepatnya 0,17 detik), angka tersebut akan terus merangkak naik.


    Sebelum Anda membaca lebih lanjut saksikan tayangan berikut.



    Dipublikasikan pada 21 Mei 2012
    This film focuses on how the development of ICT has worked to change perspectives, attitudes and practices in the contemporary classroom. The film highlights a range of opinions, both positive and negative, towards technology; while enforcing key pedagogical theory as to how ICT can be most effectively applied to an effective learning environment. Sumber (youtube)

    Dari yang Anda baca dan tayangan di atas, yang menjadi pertanyaan, akankah kita mempertahankan sesuatu, atau pengetahuan yang sudah usang? atau masih bangga dengan yang ada?

    Artinya teknologi itu tumbuh, berkembang  dan terus maju, seiring berjalannya waktu dan peradaban manusia.

    Pada posting ini terdapat contoh-contoh sederhana dapat  gunakan dan didownload.

    Mau berubah kalau disuruh. Siapa yang nyuruh?, atasan?, nah kalau atasan juga nggak tau teknologi? capek dech.... 
    Tidak ada kata terlambat, untuk melakukan perubahan, dan bagi yang mau berubah. Lebih cepat lebih baik. Teknologi Informasi dan Komunikasi, dalam dunia pendidikan dikategorikan menjadi 4. tentang TIK... baca selanjutnya 

  • TIK untuk dipelajari

  • Pemanfaatan TIK untuk pendidikan, dalam rangka memecahkan masalah. Berikut adalah contoh karya - karya peserta didik. klik


  • Berpacu dalam teknologi
  • Diera teknologi informasi yang tumbuh, berkembang, dan masuknya ke Indonesia selalu membuat tantangan baru bagi tenaga pendidik/guru. Dengan rutinitas pendidik/guru, yang dilakukan setiap hari memberikan pengajaran dan pembelajaran kepada peserta didik sudah berat. Ditambah harus menghadapi tantangan...baca selanjutnya





    Teknologi Informasi dan Komunikasi
    Tidak terbayangkan bahwa teknologi akan secanggih sekarang. Apabila kita mencoba merenungkan sejenak, dan kita tarik garis waktu. Berawal dari tahun 90an hingga sekarang, sungguh menjadikan kita harus melek teknologi. Teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu betapa pesatnya.

    Teknologi Informasi dan Komunikasi Information Technology and Communication (TIK/ICT) tidak lebih hanya sekedar alat. Letak geografi yang saling berjauhan, berlainan suku bangsa, bahasa, dan bahkan lintas negara, hal itu bukan lagi sebagai kendala dan penghalang untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi. Diera serba teknologi, dalam kehidupan ini sangat terbantu oleh kehadirannya, tidak terkecuali dunia pendidikan.


    Banyak sekali artikel-artikel yang dimuat pada jaringan internet. Pada tanggal 17 Maret 2013, penulis mencari artikel dengan kata kunci "teknologi informasi dan komunikasi" menggunakan mesin google,  penulis mendapatkan sekitar 817.000 (delapan ratus tujuh belas ribu) dalam hitungan kurang dari 1 detik (tepatnya 0,17 detik), angka tersebut akan terus merangkak naik.


    Yang menjadi pertanyaan, akan kah kita mempertahankan sesuatu atau pengetahuan yang sudah usang? atau masih bangga dengan yang ada?
    Artinya teknologi itu akan terus maju, seiring berjalannya waktu dan peradaban manusia.

    1. TIK untuk pendidikan
    Mengkategorikan TIK dalam penggunaanya dilingkungan pendidikan. TIK sebagai alat bantu komunikasi, penyebaran informasi, menyimpan informasi, manipulasi, pengembangan, dll. TIK dikategorian menjadi:
    1. ICT as a subject (i.e., computer studies)
    2. ICT as a tool to support traditional subjects (i.e., computer-based learning, presentation, research)
    3. ICT as an administrative tool (i.e., education management information systems/EMIS)
    4. ICT as a medium of knowledge exchange. Sumber (wikipedia)
    Mari kita saksikan tayangan dari youtube berikut, alasan penggunaan teknologi dan tentang technology masa depan


    Top 10 Reasons to Use Technology in Education





    Take A Journey To The Year 2020 - 2025 Future Technology




    Dari yang Anda baca, dan Anda saksikan, kategori TIK dalam dunia pendidikan. 
    Kaitannya TIK dengan dunia pendidikan. Pertanyaan selanjutnya adalah, peralatan apa saja yang diperlukan di dunia pendidikan dalam proses belajar dan pembelajaran? Peralatan yang diperlukan adalah, semua peralatan digital elektronik yang digunakan sebagai alat bantu media. Sehingga dunia pendidikan memiliki kosa kata untuk proses pembelajaran menggunakan media elektronik disebut "electronic learning".

    2. E-Learning


    Penulis membaca dari beberapa definisi tentang e-learning. Salah satu diantaranya berikut ini definisi e-learning, yang banyak diterima berbagai pihak menurut sumber (http://romisatriawahono.net ) dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:

    e-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

    LearnFrame.Com dalam Glossary of e-Learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:

    e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.

    Definisi lain e-Learning dengan berbagai sudut pandang dapat dipelajari secara lengkap dari:
    http://www.google.com/search?num=30&hl=en&lr=&ie=UTF-8&oe=UTF-8&q=define%3A%20e-learning 


    Tiga pokok garis besar, tentang e‐Learning, (Romi, 2007).

    1. eLearning System
    Sistem perangkat lunak yang memvirtualisasi proses belajar mengajar konvensional.
    Bagaimana manajemen kelas, pembuatan materi atau konten, forum diskusi, sistem
    penilaian (rapor), sistem ujian online dan segala fitur yang berhubungan dengan
    manajemen proses belajar mengajar. Sistem perangkat lunak tersebut sering disebut
    dengan Learning Management System (LMS).
    2. eLearning Content (Isi)
    Konten dan bahan ajar yang ada pada eLearning system (learning management
    system).Konten dan bahan ajar ini bisa dalam bentuk Multimediabased Content
    (konten berbentuk multimedia interaktif) atau Textbased Content (konten berbentuk
    teks seperti pada buku pelajaran biasa)
    3. eLearning Infrastructure (Peralatan)
    Infrastruktur eLearning dapat berupa personal computer (PC), jaringan komputer dan
    perlengkapan multimedia. Termasuk didalamnya peralatan teleconference apabila kita
    memberikan layanan synchronous learning melalui teleconference. Sumber (http://muhammadadri.net)

    Kata “e-learning” menggeser penggunaan kata pada proses pembelajaran sebelumnya. Dahulu orang menggunakan media komputer sebagai alat bantu dalam pembelajaran sehingga disebut Computer Asissted Instruction (CAI), Computer Base Training (CBT)Computer Base Learning dll.
    Pergeseran istilah-istilah dalam proses pembelajaran berbantuan komputer sehingga menjadi “e-learning” tersebut, bukan tidak beralasan, tentu para pakar memiliki tujuan jangka panjang. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi media digital elektronik, tujuannya adalah memanfaatkan dan mengoptimalkan media elektronik,  sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Sehingga kata e-Learning untuk masa yang akan datang, memiliki makna yang lebih luas dan fleksibel. Peralatan yang diperlukan meliputi berbagai peralatan komunikasi menggunakan media elektronik. Misalnya android, iPad, telepon genggam,  komputer tablet, dll.

    Teknologi komputer dan jaringan komputer sebagai tulang punggung. Di atas disebut bahwa e-learning adalah pemanfaatan media elektronik untuk proses belajar mengajar, dan pembelajaran. Proses pembelajaran disampaikan dalam bentuk elektronik. Materi bahan ajar atau konten dikirim melalui jaringan komputer, melalui Internet, intranet / extranet, audio atau video tape, TV satelit, dan CD-ROM. Materi tersebut meliputi berbagai unsur media, berawal dari: teks, grafik/fotografi, animasi, streaming audio, streaming video, dan multimedia. Pergeseran istilah dalam pembelajaran berbasis media elektronik menjadi beberapa antara lain CBT (Computer-Based Training), IBT (Internet-Based Training) atau WBT (Web-Based Training) telah digunakan sebagai sinonim untuk e-learning. sumber (wikipedia)

    Dari sumber lain tentang  e-learning mengacu pada proses pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menengahi asynchronous serta sinkron belajar (asynchonouse maupun synchronouse learning) dan mengajar kegiatan. (Naidu, 2006) [1] Sementara, Derek Stockley (2006) [2] mendefinisikan e-learning sebagai pengiriman program pembelajaran, pelatihan atau pendidikan dengan cara elektronik. E-learning melibatkan penggunaan komputer atau perangkat elektronik (misalnya ponsel) dalam beberapa cara untuk memberikan pelatihan, materi pendidikan atau pembelajaranSumber (Teknologi Pendidikan).

    Wow capek deh membaca, saksikan tayangan dari youtube tentang apa itu e-learning?



    Pemanfaatan media elektronik. Pada intinya TIK yang kemudian menjadi e-learning adalah pemanfaatan dan penggunaan media elektronik (dan komputer) untuk proses pembelajaran. E-learning adalah proses mentransfer keterampilan dan pengetahuan kepada audience (peserta didik) melalui teknologi media elektronik/komputer. Peralatan yang digunakan, dengan pemanfaatan media elektronik yang mendukung proses Belajar Mengajar dan Pembelajaran, termasuk Teknologi Pendidikan. Proses tersebut memanfaatkan sistem informasi dan komunikasi, baik pembelajaran melalui jaringan online atau offline.

    e-Learning, tidak cukup sampai disitu saja, dalam rangka memberikan yang terbaik kepada peserta didik. Dari sumber (http://romisatriawahono.net ), bahwa metode pembelajaran dengan e-learning masih banyak kendala dan hambatan yang dijumpai. Untuk mengaplikasikan sistem elearning ini, antara lain (Soekartawi, 2003):
    1. Masih kurangnya kemampuan menggunakan Internet sebagai sumber pembelajaran.
    2. Biaya   yang   diperlukan   masih   relativ   mahal   untuk   tahap‐tahap   awal;   (c)   Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran melalui Internet dan
    3. Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah‐daerah tertentu
    Masih dari sumber yang sama, kelemahan lain yang dimiliki oleh sistem e learning ini yaitu hilangnya nuansa pendidikan yang terjadi antara pendidik dengan peserta didik, karena yang menjadi unsur utama dalam elearning adalah pembelajaran.
    Maka kemudian dalam impelementasinya, banyak model elearning yang dikembangkan dan diadopsi ke dalam pendidikan konvensional atau sebaliknya model konvensional diadopsi ke dalam model elearning.

    Gambar 1.2. Model Penyelenggaraan eLearning (Sumber : Romi, 2007)

    Proses belajar mengajar dengan menggabungkan berbagai peralatan elektronik dan konsep-konsep dalam pembelajaran yaitu blended learning.

    3. Blended Learning
    Blended learning adalah kombinasi proses belajar mengajar face-to-face di kelas, menggunakan alat bantu media elektronik (komputer) sebagai media. Media elektronik meliputi penggunakaan komputer/notebook, SmartBoard, infocus, jaringan internet, intranet, LAN, WAN, semua aplikasi yang mendukung proses blended learning, dan menggunakan semua konsep dalam proses belajar dan pembelajaran di kelas, maupun di luar kelas.

    Blended learning is education that combines face-to-face classroom methods with computer-mediated activities.[1] According to its proponents, the strategy creates a more integrated approach for both instructors and students.
    The terms "blended," "hybrid," "technology-mediated instruction," "web-enhanced instruction," and "mixed-mode instruction" are often used interchangeably in current research literature.[2] However, recent researchers in the United States tend to use the term "blended learning" with more regularity. current research literature.[2] However, recent researchers in the United States tend to use the term "blended learning" with more regularity. (wikipedia).

    Face-to-Face + Synchronous Conversations + Asynchronous Interactions = Strong Online Learning Environment And if distance learning is to have the level of quality that we dream for it, we as educators need to proactively be a part of the Blended Learning that is inevitably coming our way. There's no denying it's here and growing, and teachers can no longer put their fingers in their ears, yell, la-la-la, and pretend that they have some say in whether or not online learning will be a part of education's future. It's not a question of if; it's a question of how. In fact, teachers must be an active part of designing online learning's rigor and quality or they will be left in the dust. Sumber (edutopia).






    Dari paparan di atas tentang TIK untuk pendidikan, e-learning, m-learning (mobile learning), multimedia learning, Computer-Based Training, IBT (Internet-Based Training), WBT (Web-Based Training), distance learning, blended learning, dll. Semua itu adalah bertujuan pada mempermudah pemahaman pada proses belajar dan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik student centered learning
    , dengan menggunakan berbagai peralatan media elektronik. Untuk melakukan proses tersebut seorang pendidik, instruktur, guru/dosen, tidak dapat berjalan sendiri. Diperlukan dukungan berbagai pihak, dan bersinergi antara dengan orang-orang yang kompeten dibidangnya masing-masing di bidang TIK. Untuk blended learning, diperlukan proaktif semua pihak (guru dan orang TIK)  persiapan materi bahan ajar untuk jangka pendek (synchronouse e-learning) dan jangka panjang (asynchronouse e-learning).


    Nah kalau sudah begini, pertanyaan berikut ini adalah, kapan masa depan kita mulai? siapa yang memulai? dan siapa yang menentukan masa depan?. 
    Jawaban ada pada diri Anda kan..., 
    Jangan kemana-mana saksikan tayangan berikut...




    Contoh TIK untuk pendidikan, "(guru dalam bahasa jawa "digugu lan ditiru") yang artinya guru sebagai panutan peserta didik. Apa yang menjadi pesan dan tindak tanduk guru, merupakan  panutan yang akan ditiru bagi peserta didik. Guru kreatif, maka peserta didik/siswa aktif dan akan mengikuti jejaknya, kreatif disini bukan berarti guru harus bisa membuat seperti contoh berikut. Berikut ini adalah TIK sebagai alat pembelajaran untuk Sekolah Dasar, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.  ...ICT as a tool to support traditional subjects (i.e., computer-based learning, presentation, research)...

    Di atas disebut ... proses pembelajaran menggunakan "sistem informasi dan komunikasi", kemudian lihat juga baca kembali tentang e-learning content (isi), dan berikut ini adalah contoh. 

    Berikut ini, media pembelajaran IPA untuk anak Sekolah Dasar (SD), tentang “Pengungkit atau Tuas”. Merujuk buku materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Salingtemas Buku Sekolah Elektronik (BSE) halam 99 tentang “Prinsip kerja pengungkit”.
    Untuk membuat media tersebut, apa yang harus dipahami. Yaitu adalah gerak melingkar, wow menarik ini... adalah fungsi trigonometri cosinus dan sinus.
    Dalam trigonometri, satuan lingkaran adalah radius yang berpusat pada titik asal ( x = 0, y = 0) (wikipedia).

    Agar lingkaran dapat bergerak melingkar, yang harus kita pahami adalah penggunaan Action Scrip, pada aplikasi Flash, baik Action Scrip 1, 2, dan 3.0. Di bawah ini adalah contoh sederhana.
    Silakan gunakan, download, dan kemudian selanjutnya terserah Anda


    Silakan download 

    Berikut ini adalah pengembangan.

    Silakan download 


    Contoh penggunaan ActionScript  3.0, yang dapat dikembangkan menggunakan Flash 3, 4, dan 5. ActionScript 3.0 adalah, evolusi dari bahasa pemrograman  Action Script sebelumnya. Pada Action Script 3.0 sangat kuat dibidang pemrograman yang berorientasi pada obyek Object Oriented Program (OOP). 

    Pada proses pengembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menggunakan ActionScript 3.0, tim dan pengembang dapat mencapai produktivitas yang sangat baik dari konten yang disajikan menggunakan Flash Player. Sebab ActionScript 3.0 sudah didasarkan pada ECMAScript. Dan ECMA  Script adalah bahasa pemrograman yang merupakan standar internasional untuk scripting. 



    Silakan download

    Hanya dengan teknologi, proses belajar mengajar dengan perbedaan letak geografi dan keterpisahaan antara pengajar dan siswa (selama masih dalam jangkauan TIK). Contoh berikut khususnya bagi pengguna notebook yang dilengkapi gunakan Web Cam.

    Referensi


    Choiril Azmiyawati, Wigati Omegawati, Rohana Kusumawati (2008), IPA Salingtemas, Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, ISBN 979-462-902-2

    http://www.teknologipendidikan.net/2011/06/21/implementing-blended-learning-a-case-based-sharing-experience/
    http://www.edutopia.org/blog/blended-online-learning-heather-wolpert-gawron

    Romi Satria Wahono, (2003-2005 ). Pengantar e-Learning dan Pengembangannya, Kuliah Umum IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2005 IlmuKomputer.Com
    Muhammad Adri, (2003-2008) Bab I. Konsep Dasar e-Learning dengan Moodle,http://muhammadadri.net

    ICT http://en.wikipedia.org/wiki/Information_and_communication_technologies_in_education
    E-learning http://en.wikipedia.org/wiki/E-learning
    Blended learning http://en.wikipedia.org/wiki/Blended_learning
    Edutopia http://www.edutopia.org/blog/blended-online-learning-heather-wolpert-gawron
    Unit circle http://en.wikipedia.org/wiki/Unit_circle


    Karya siswa SMK
    Contoh karya siswa SMK Multimedia. (AS 2.0)








     Berikut contoh (AS.3.0),  dan Anda dapat mendowload.



    Silakan download klik source file klik


    Kembali

    Berpacu dalam teknologi


    Salam kreatif...
    Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan selengkapnya...

  • Menyongsong Tenologi
  • Globalisasi diawal tahun 1990an ditandai tumbuh berkembangnya Teknologi Informasi (TI), penggunaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT). TIK/ICT adalah gabungan dari perkembangan teknologi sebelumnya: telepon, telegraf, radio, tele konverensi, dan penggunaan komputer berikut selengkapnya...

  • Kreatifitas
  • Metode pictorial riddel menutut kreatifitas pendidik. Metode tersebut dikembangkan untuk motivasi dan minat siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Gambar dan alat peraga menggunakan aplikasi multimedia (teks, grafik/foto, animasi, audio, video, dan interaktif) yang diproyeksikan menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board selengkapnya...

  • Fisika
  • Berikut ini adalah contoh saat guru akan menjelaskan mata pelajaran fisika di depan kelas menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board selengkapnya...

    Tinggalkan pesan 

    Menyongsong Tenologi
    Globalisasi  diawal tahun 1990an ditandai tumbuh berkembangnya Teknologi Informasi (TI), penggunaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT). TIK/ICT adalah gabungan dari perkembangan teknologi sebelumnya: telepon, telegraf, radio, tele konverensi, dan penggunaan komputer berikut jaringannya sebagai tulang punggung. TIK/ICT meliputi hal-hal berkaitan dengan: mengakses, memanipulasi, menyimpan/menyajikan informasi, dan komunikasi. Cakupannya meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi pendukungnya.

    TIK/ICT sarana untuk menyebarkan informasi dan komunikasi. Informasi dan komunikasi kolaborasi interaksi antar individu, dengan menggunakan jaringan komputer tanpa memperhatikan letak geografi. Contoh akses infrastruktur jaringan internet, Local Area Network (LAN), WAN, GlobalNet, Intranet, Ekstranet, dan tele konverensi.
    Pemanfaatan teknologi (komputer) untuk pendidikan. Dengan didukung provider seluler dan provider internet yang memberikan kesempatan akses jaringan internet dengan jalur lebar broadband (bahkan ada beberapa provider membagikan modem kepada pendidik gratis), sehingga orang dengan mudah berkomunikasi, saling tukar informasi, kirim pesan melalui SMS, e-mail, face book, tweeter, dll. Peralatan tersebut disamping dapat mengakses informasi, juga dapat mengunggah (Upload), mengunduh (Download) materi di jaringan internet, bagi siapa saja, dimana saja, kapan saja. Selama masih dalam jangkauan jaringan infrastruktur telpon/celular dan internet (TIK).

    Pembelajaran inquiri menggunakan metode pictorial riddel. Metode tersebut mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran. Saksikan tayangan klip video memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan pembelajaran aktif (Active learning) di kelas.







    Kembali




    Kreatifitas
    Metode pictorial riddel menutut kreatifitas pendidik. Metode tersebut dikembangkan untuk motivasi dan minat siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Gambar dan alat peraga menggunakan aplikasi multimedia (teks, grafik/foto, animasi, audio, video, dan interaktif) yang diproyeksikan menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board.

    Berikut ini adalah contoh media pembelajaran, berupa sebuah Aplikasi (MENGENAL HURUF UNTUK ANAK USIA DINI). Aplikasi ini bertujuan sebagai alat presentasi dan alat peraga. Dalam aplikasi tersebut disertakan teks, gambar statik (foto), video, audio, dan latar belakang musik (backsound). Dengan tujuan untuk memperkenalkan huruf, pada peserta didik (PAUD).

    Pengoperasikan aplikasi ini sangat mudah (user friendly). Saat guru memberikan ceramah di depan kelas, dengan mudah dapat mengaktifkan latar belakan musik (backsound) dengan pengontrol volume, memindahkan gambar, mengaktifkan/menghilangkan video klip pada layar.

    Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru meminta agar siswa memindahkan abjad /(gambar yang dipilih) pada tempatnya yang sesuai dengan video klip yang sedang berjalan. Hal ini dapat dilakukan secara simultan.

    Pemanfaatan teknologi tepat guna dan tepat sasaran. Aplikasi ini diperuntukkan pada peserta didik PAUD. PAUD adalah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut (TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi). PAUD bertujuan untuk mempersiapkan dan membentuk anak yang berkualitas, sebelum memasuki jenjang-jenjang tersebut. Ruang lingkup berdasar usia peserta didik PAUD:
    • Infant (0-1 tahun)
    • Toddler (2-3 tahun)
    • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
    • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
    Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
    Cara menggunakan aplikasi
    1. Optimalkan penggunaan mouse dan jari jika touch screen, akan mendapatkan pesan suara dari gambar tersebut,
    2. klik dan seret dengan mouse/jari salah satu gambar ayam, kambing, atau kucing, kemudian pindahkan gambar tersebut dan letakkan agar menindih kotak segi empat di sebelah kanan,
    3. tombol ulangi, berfungsi untuk mengembalikan pada posisi semula,
    4. siswa diminta untuk memilih abjad untuk mengklik dan menyeretnya untuk ditempatkan pada tempat yang masih kosong, (kotak bawah),
    5. untuk mengaktifkan audio silakan tekan tombol audio dan mengaturnya dengan gain untuk mengatur suara.


    Peralatan yang diperlukan dalam pengembangan
    1. komputer multimedia
    2. kamera style picture, kamera video (dapat menggunakan kamera HP, kamera digital, handy cam, dll)
    3. Anda dapat kembangkan lebih lanjut, mengganti gambar, audio, backsound, dll
    Kembali 
    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Fisika
    Perpindahan sepanjang sumbu -x bergerak ke arah kanan

    Mari kita buktikan  ke atas




    Pembuktian


    Mari kita buktikan






    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Pembuktian


    Kembali

    kembali ke posting terakir

    Multimedia Pembelajaran Interaktif

    Salam kreatif...

    Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog “Multimedia Pembelajaran Interaktif”. Semoga kata kunci yang Anda masukkan sesuai dengan yang Anda inginkan, dan menjadikan tempat terdamparnya para peselancar (pencari informasi) yang lain untuk singgah pada blog ini.

    Mohon pemakluman apabila bila terdapat kata atau penyajian yang kurang berkenan pada pembaca, untuk itu mohon masukan, kritik dan saran.

    Informasi teknologi memanjakan dalam kehidupan manusia, dengan memanfaatkan berbagai peralatan teknologi, misalnya penggunaan mobile phone, iPod, komputer pribadi, komputer kapsul, dll. Dengan peralatan tersebut informasi didapat dengan mudah. Information Teknologi (IT) tumbuh dan berkembang, digunakan hingga menyebar keseluruh dunia hingga berbagai pelosok, akan tetapi tidak semua orang dapat menerima perkembangan IT sebagai solusi. Karena tidak meratanya pemahaman tentang IT, orang dalam mensosialisasikan untuk mengajak orang lain yang belum tahu IT, orang menggunakan kata “melek”, contoh: melek media, melek ICT, melek IT, dll. Setelah sekian lama "melek", apabila kata “melek”, dianalogikan orang tidur menjelang bangun, kemudian kapan kita akan bangun?. Sedangkan teknologi tumbuh dan berkembang, tidak akan pernah berhenti, seiring berjalannya waktu, dan peradaban manusia.

    Hingga saat ini, kita hanya mampu mengejar teknologi, dengan cara membeli berbagai peralatan canggih. Ironisnya dengan peralatan tersebut, kita belum dapat mengoptimalkan teknologi maupun SDM yang ada.

    Teknologi diperlukan untuk dipelajari, dan untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Dan era sekarang bukan lagi era “melek”, saya akan menyebutnya era “Kreatifitas Tanpa Batas”, untuk inovasi. Blog ini membahas secara singkat tentang hal-hal sebagai berikut:
    1. sebuah “media” dapat dikatakan media pembelajaran apabila, media tersebut membawa pesan, atau memuat tujuan pembelajaran di dalamnya. Pada era informasi teknologi (IT), "media" dikatakan multimedia pembelajaran interaktif, mengapa?,
    2. apabila orang lain dapat melakukan pembuatan media, dapatkah saya melakukan hal yang sama?
    3. contoh pelajaran IPA (biologi), fisika, media untuk PAUD, dan matematik, Anda dapat mendownload source. File tersebut diperuntukan bagi guru IPA (biologi), Fisika, Matematik, mahasiswa teknologi pendidikan, siswa smk multimedia, pengembang media berbasis komputer, dan umum, untuk dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut, tidak untuk komersial.
    4. Saksikan PAIKEM beraksi dengan teknologi.
     
     
    Blogger Templates