Social Icons

Pemanfaatan teknologi



Pengertian tentang perangkat keras komputer terdiri dari keyboardmousecentral processing unit (CPU), dan layar monitor. Diera Informasi Teknologi sekarang, hilangkan pengertian tersebut, sebab  semua itu telah terintegrasi menjadi satu bagian yaitu, alat itu sendiri, misalnya: penggunaan mobile phone, smartphones, personal komputer tablet,  iPad, BlackBarrydll. Dengan teknologi, orang dapat menjelajah ruang angkasa, berkomunikasi dengan orang yang ada di stasiun bumi. Seorang dokter dapat mendiagnosa tubuh pasien. Seorang siswa/mahasiswa dengan tugas yang diberikan, dapat mencari informasi, artikel,  referensi, dll.Perhatikan tayangan clip video berikut.
 Komputer dan aplikasi sebagai tutor
Salah satu karakteristik media berbasis teknologi adalah keterlibatan pengguna.  Guru dalam menyampaikan pesan bersinergi dengan para tenaga IT, untuk memfasilitasi komunikasi dan belajar, dalam suatu proses pembelajaran kepada peserta didik. Peserta didik terlibat aktif menggunakan indra dan anggota badan dalam proses pembelajaran. Pesan yang disampaikan guru kepada siswa akan tersimpan dalam memori jangka pendek (Short-term memory) dan memori jangka panjang (Long-term memory). Lihat kembali video clip The Cognitive Theory of Multimedia Learning dan Multimedia learning theory.
Saya mendengar dan saya melupakannya. Saya melihat dan kemudian saya mengetahuinya. Saya melakukan dan, kemudian saya mengingatnya Kong-Fu-Tze, dalam Harianto, (2004).  Teknologi yang menggantikan peran guru. Pemanfaatan media elektronik/komputer menggunakan pesan tunggal (multimedia) sebagai alat bantu media pada proses pembelajaran (multimedia pembelajaran). Komputer sebagai alat bantu dalam belajar, (Taylor, dalam Said, 2002). Komputer berfungsi sama dengan Tutor, komputer berfungsi sama dengan Alat (Tool), komputer berfungsi sama dengan Tutee atau Siswa. Komputer yang berperan sebagai Tutor (Said, 2005). 
Student using iPad to re-inforce a lesson from class.

iPads in the Classroom - January 2011 Curriculum Connection
Teknologi sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan Teknologi Pendidikan (Education Technology), saksikan clip video berikut.
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)


Daftar referensi

Robert M. Losee, ( 15 Nopember 1998), "A Dicipline Independent Definition of Information" http://www.ils.unc.edu/~losee/book5.pdf
Asnah Said (2002). Effektivitas Strategi Pembelajaran Berbantuan Komputer Dalam Proses Pembelajaran Modus Ganda Terhadap Hasil Belajar Peluang, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Barbara Kaskosz  Flash and Math Aplets
Bambang Hariyanto Ir.,MT (2004). Rekayasa System Berorientasi Objek, Informatika,Bandung.

 

Follow by Email

 
Blogger Templates