Media & teknologi



Revolusi teknologi berawal sejak tahun 1958 oleh Jack Kilby ditandai dengan temuan dan penggunaan Integrated Circuit (IC) yang digunakan pada komputer dan berbagai peralatan elektronik. Temuannya mengawali revolusi teknologi digital pada Informasi Teknologi (IT) di seluruh dunia. Sejak saat itu orang beralih dari teknologi analog ke teknologi digital.
Pemanfaatan Informasi Teknologi (IT), identik dengan penggunakaan media-media berbasis elektronik dan komputer. Sehingga kata elektronik mengawali nama ataupun aktivitas disingkat e ), misalnya: buku (e-Book), perpustakaan (e-Library), kartu tanda penduduk (e-KTP), surat (e-Mail), belajar (e-Learning), dll. 
Media adalah sebuah medium (plural, media) merupakan saluran komunikasi, disamping media merupakan wadah atau sarana, yang membawa pesan. Media dapat juga merujuk pada manusia. Pengertian media secara umum, terdiri dari: media cetak, dan media non cetak. Dalam hal ini saya membatasi dari pengertian media secara keseluruhan. Berikut ini adalah media non cetak, media yang menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan. Komputer sebagai alat bantu pembelajaran disebut Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Base Instruction (CBI), Computer Base Learning (CBL), Computer Base Training (CBT), e-Learning, dll. Definisi e-Learning adalah proses belajar mengajar menggunakan media elektronik, atau komputer.

Media pembelajaran dengan media dan teknologi
Dinamakan “media pembelajaran”, apabila media tersebut membawa pesan atau memuat tujuan pembelajaran di dalamnya, tujuan itu untuk memfasilitasi komunikasi belajar dan pembelajaran. “Pembelajaran” diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam hal ini adalah pengertian aktivitas mental siswa dalam berinteraksi yang menghasilkan perubahan perilaku dan bersifat relatif konstan, Wina (2008). Proses tersebut dengan memanfaatkan media teknologi secara virtual.

Teknologi digital dan digitalisasi data. Data adalah Informasi, dan informasi adalah stimulus yang memiliki arti dalam beberapa konteks bagi penerima. Data digital meliputi: teks, grafik/fotografi, animasi, audio, dan video (multimedia). Data merupakan komponen-komponen media dalam multimedia

Multimedia pembelajaran
Pada paragraf kedua disebutkan media adalah medium (plural media). Teknologi yang berkembang memungkinkan mengirim pesan lebih dari satu media yaitu multimedia. Multimedia pembelajaran multimedia learning  menurut Richard, (2001) Multimedia learning occurs when a learner builds a mental representation from words and pictures that have been presented. This definition is broad enough to include book-based environments consisting of text and illustrations, computerbased environments consisting of narration and animation, and virtual game environments consisting of interactive speech and animated microworlds. 
Memfasilitasi komunikasi menggunakan aplikasi dengan pesan instruksional “multimedia pembelajaran” (multimedia learning) menurut Richard, (2001) adalah, an instructional message is a communication that is intended to foster learning. In presenting an instructional message to learners, designers have two main formats available – words and pictures. Words include speech and printed text; pictures include static graphics (such as illustration and photos) and dynamic graphic (such as animation and video)
Multimedia learning theory
The cognitive theory of multimedia learning
Komputer yang dipersonifikasikan sebagai manusia, dalam proses belajar dan pembelajaran.  Siswa berinteraksi dengan komputer dan komponen-komponen media, berikut ini memahami interaksi manusia komputer.

Interaksi manusia komputer (IMK) Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi manusia komputer (IMK) Human Computer Interaction (HCI) adalah istilah yang digunakan dengan maksud, baik itu interaksi manusia - komputer atau antarmuka interface computer manusia, Faulkner (1998). Interaksi manusia komputer (IMK) suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia, Santosa, (1997-2004). 
Saksikan tayangan video clip, What is HCI?

Uploaded on Sep 1, 2011. Because human-computer interaction studies a human and a machine in conjunction, it draws from supporting knowledge on both the machine and the human side. On the machine side, techniques in computer graphics, operating systems, programming languages, and development environments are relevant. On the human side, communication theory, graphic and industrial design disciplines, linguistics, social sciences, cognitive psychology, and human performance are relevant.

In these sessions we cover the many issues facing user interface designers, provide fundamental design guidelines, show how these are applied during the development process with a small case study, and close on considering the possible futures of interfaces.

In this module we recognize the reality of delivering solutions that meet business needs
Presenter: Phil Webb,
sumber: youtube.

Komputer yang dipersonifikasikan sebagai manusia/guru. Dalam hal ini komputer sebagai alat bantu dalam pembelajaran dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Kata “interaksi”, gabungan dari dua kata yang terdiri dari kata inter dan aksi. Terjadinya interaksi karena suatu hubungan kausal (hubungan sebab dan akibat). Pengertian tersebut adalah satu tindakan (dari pengguna/manusia/siswa “aksi”) manusia sebagai pengguna “aksi” pertama, yang mempengaruhi komputer sebagai objek kedua (komputer “reaksi”). Misalnya permainan game yang terdapat pada komputer, baik ofline maupun online.



Komputer dan peralatan media elektronik dengan sistem komputer, adalah seperangkat sistem yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak kemudian diberi muatan listrik. Agar interaksi (dalam proses pembelajaran) antara pengguna/siswa vs komputer terjalin secara stimulan, diperlukan kecedasan buatan Artificilal Intelligence dan perangkat aplikasi kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah usaha manusia untuk menciptakan mesin non-organik berbasis entitas, yang memiliki semua kemampuan di atas kecerdasan organik alami.
Contoh penempatan kecerdasan  buatan (AI) dapat Anda saksikan pada tayangan berikut.
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Proses belajar dan pembelajaran dengan menggunakan (teknologi) multimedia pembelajaran interaktif, siswa berhadapan dengan alat komunikasi pada komputer yang terdiri dari: keyboard, mouse, microphone, layar monitor, speaker, dan berikut perangkat lunak aplikasi. Dalam berinteraksi pengguna/siswa vs komputer, menggunakan indra dan anggota badan, mata vs monitor, jari tangan vs mouse &  keyboard, telinga vs speaker, atau penggunaan layar sentuh (touch screen). Teori Kroehner, dalam (Hardhono, dalam Asandhimitra, 2004), mengatakan bahwa semakin banyak indera manusia yang terlibat dalam proses belajar, maka proses belajar tersebut akan menjadi lebih efektif. Teori Kroehner dapat diterapkan untuk belajar pada anak usia dini hingga orang dewasa, dan secara tegas teori ini menyarankan lebih dari satu penggunaan indra manusia.
Daftar referensi
Robert B. Kozma (1991), "Learning with Media",  http://web.findthatfile.com/fileinfo.php?i=3391252&t=hPDF&f=kozma_rer.pdf
Ir. P. Insap Santosa, M.Sc, (1997-2004). Interaksi Manusia dan Komputer teori dan praktek, Penerbit ANDI OFFSET.
Dr. Wina Sanjaya, M.Pd. (2008); Kurikulum dan Pembelajaran”, Prenada Media Group.
Faulkner, Chistine (1998). The Essence of Human-Computer Interaction, Ashford Colour Press Ltd. Gosport, Hampshire.
E. Mayer Richard, (2001), Multimedia Learning,  PUBLISHED BY THE PRESS SYNDICATE OF THE UNIVERSITY OF CAMBRIDGE, The Pitt Building, Trumpington Street, Cambridge, United Kingdom.
Asandhimitra, dkk. (2004), Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Penerbit Univesitas Terbuka.