Di Nusantara yang kita cintai ini, banyak budaya tumbuh dan berkembang. Seiring dengan berjalannya waktu dan globalisasi. Informasi yang masuk diterima dengan apa adanya tanpa melalui seleksi. Kini budaya-budaya itu selain termajinalkan makin hilang, punah, dan tidak dikenali lagi. Berikut ini, di antara budaya yang ada di Nusantara, Khasanah Budaya Jawa.
Audio ini disiarkan dan direkam melalui RRI Semarang (2010). Kali ini kita mendengarkan melalui audio streaming. Mari kita dengarkan, apa isi dari tema Janmo Limpat Seprapat Tamat? Oleh Prof. Dr. Damardjati Supajar.
Berikut bagian kedua
Prof. Dr. Damardjati Supajar, telah berpulang memenuhi panggilan Allah SWT, Senin, tanggal 17 Februari 2014.
Tarling, saat kita mendengar kata tersebut, pikiran kita tertuju pada sebuah pertunjukan panggung. Berikut ini tarling sebagai latar belakang sebuah tembang, dengan judul Banyu Urip. Dari sumber youtube. Satu Bagian dari Lima Bagian musik dalam pertunjukkan Intermedia "Niatingsun" karya Embie C Noer yang dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta tahun 2000. Pentas Intermedia ini terdiri dari beberapa media yang masing2nya tetap otonom akan tetapi terikat oleh satu tujuan (objective). Media yang digunakan: Musik Tarling Klasik ( Group Kang Ato ), Film, Tari, Pameran Kerajinan, Buku, Kesenian Ider2an Burok.
Sangkan Paraning Dumadi (masih dalam budaya jawa)
Berikut ini cerita dalam pewayangan, dialog antara Resi Hanoman dengan Gathutkaca. Dialog ini menceritakan tentang Sangkan Paraning Dumadi. Mari kita dengarkan.
Pangeran iku siji, ana ing ngendi papan, langgeng, sing nganakake jagad iki saisine, dadi sesembahaning wong saalam kabeh, nganggo carane dhewe-dhewe.
Tuhan itu satu, dimana saja Dia ada, kekal, yang mengadakan jagad seisinya, menjadikan yang disembah semua manusia, menggunakan caranya sendiri-sendiri. Rukmana (1990).
Gusti iku dumunung ana ing atining manungso kang becik, mula iku diarani Gusti iku bagusing ati.
Tuhan itu berada berada dalam hati manusia yang suci, karenanya Tuhan disebut pula sebagai hati yang suci. Rukmana (1990).
Bagusing ati lamun siro gelem nyebut asmaNe, bareng klawan mlebu lan mentune nafas iro lan dirasakake. Sopo Gustimu?
Bagusnya hati jika kita mau menyebut namaNya, seiring dengan masuk dan keluarnya nafas kita, dan dirasakan. Siapa Tuhanmu?
Urip iki ono sing nguripapke, mulo sembahen sing nguripake nganggo cara sing wis dadi tuntunan ing agama lan keyakinanmu.
Hidup ini ada yang menghidupkan, maka sembahlah Dia menggunakan cara yang sudah menjadi tuntunan dalam agama dan keyakinanmu.
Sumber bacaan
H. Hardiyanti Rukmana (1990), BUTIR-BUTIR BUDAYA JAWA, Penerbit Yayasan Purna Bhakti Pertiwi, Pencetak: PT Citra Lamtoro Gung Persada
SKETSA PUITIKA JAWA: DARI RIMA ANAK-ANAK SAMPAI FILSAFAT RASAhttp://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/11/005-Sketsa-Puitika-Jawa.dc1.pdf
Fatal karena karena perbedaan sudut pandang (persepsi). Dengan siapa kita berdialog/komunikasi?. Kefatalan dialog pada saat berkomunikasi dapat terjadi pada siapapun karena sudut pandang (persepsi) yang berbeda. Hal ini dapat terjadi pada siapa saja dimana saja kapan saja, bukan saja pada saat dialog atau komunikasi langsung, akan tetapi lebih fatal jika hal ini komunikasi menggunakan media apa pun medianya. Anda dapat menyaksikan berbagai berbagai kejadian yang ada di lingkungan Anda, media masa, dan tayangan media non cetak (televisi). Berikut sudut pandang (persepsi), sebelum lebih lanjut berikut sudut pandang (persepsi) pada media visual, dari sisi mana kita melihat sebuah objek?
Sudut pandang (angle) atau pesepsi adalah prakondisi pengetahuan sesaat setelah melihat objek. Tempat bertemunya tiga buah objek permukaan membentuk sudut. Saat menyaksikan objek, tempat bertemunya tiga buah objek, terjadi tipuan syaraf mata. Dari sudut-sudut objek tersebut mengajak kita seolah ada dalam sebuah ruangan atau di luar ruangan. Dalam konteks ini sistem dan persepsi visual, yaitu bagaimana sebuah objek terlihat oleh mata manusia berdasarkan sifat spasial, atau dimensinya dan posisi indera mata relatif terhadap objek.
Saat indera mata melihat sebuah objek benda. Untuk dapatkan menerima informasi objek benda yang kita lihat, kita merubah posisi diri kita terhadap suatu objek, atau sebaliknya. Terutama pada penggunaan indera mata, yaitu sudut pandang angle, dan jauh dekatnya objek dengan indera mata. Terkait dengan sudut pandang (persepsi), lain halnya saat kita komunikasi menggunakan telepon genggam yaitu pesan singkat.
Penggunaan pesan singkat SMS. Di atas disebutkan, "berbeda sudut pandang (persepsi) saat dialog atau komunikasi dapat berakibat fatal". Singkatnya pesan tersebut, sehingga sulit menjelaskan atau menerima pesan yang disampaikan. Canggihnya teknologi, sehingga saat mengirim pesan orang biasanya menyertakan teks dan gambar. Dengan cara seperti itupun belum tentu dapat menjelaskan secara komprehensif maksud dan tujuannya. Bila informasi dan pesan sudah sudah lengkap, ternyata masih belum dapat diterima dengan baik. Sudut pandang (persepsi) itu apa? Di atas disebutkan bahwa "Sudut pandang atau pesepsi adalah prakondisi pengetahuan sesaat setelah melihat objek". Berikut tentang hal itu.
Ketika melihat objek dan pada saat membaca pesan singkat, berikut adalah bukan lagi melihat suatu objek atau membaca pesan singkat. Saat kita berdialog dalam komunikasi langsung, atau sebuah pesan yang disampaikan menggunakan video streaming. Sudut pandang, dalam hal ini tidak saja melibatkan indera mata, akan tetapi melibatkan seluruh indera yang ada.
Sudut pandang (persepsi), terjadi dan dilatarbelakangi oleh beberapa hal, antara lain: daya imajinasi seseorang, emosional seseorang, ras, Agama, sosial, budaya, strata dalam kehidupan, dan sikap masing-masing individu, terkait dengan prakondisi pengetahuan sesaat setelah melihat (memperhatikan) objek (suatu kejadian).
Saksikan sudut pandang pada talkshow pada media video streaming berikut ini, apa persepsi Anda?
Dari tiga contoh diatas, melalui media style picture, pesan singkat, dan video streaming, pengertian sudut pandang (persepsi) pada saat dialog dalam komunikasi dua arah adalah proses tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memeberikan gambaran dan pemahaman tentang sesuatu.
Berikut contoh lain tentang sudut pandang (persepsi). Anda dapat mencari contoh lain. Saksikan pada video streaming berikut ini.
Tuhan menciptakan umat manusia itu unik. Keunikannya dapat kita rasakan dalam diri kita. Meskipun terlahir kembar, seayah dan seibu, tetap ada perbedaan. Anda merupakan ciptaanNya dan memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang ada dalam diri Anda merupakan anugrah dariNya. Dapatkah Anda mendeteksi keunikan yang ada dalam diri Anda? Sehingga ada sudut pandang (persepsi) yang unik. Luangkan dan tuangkan keunikan sudut pandang Anda melalui komentar.
Apa yang terlupakan?
Pada tanggal 17 Agustus 2014, kita akan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 69. Diusia itu dapat dikatakan tidak muda lagi. Akan tetapi, dari "posting HUT RI KE 69 apa yang terlupakan?", semoga dapat mengingatkan kita kembali.
Kemerdekaan Republik Indonesia bukan didapat dari pemberian bangsa lain. Melainkan ditempuh melalui perjuangan panjang, dan sudah banyak para pejuang yang rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Melalui kemerdekaan Republik Indonesia, apa yang dapat diberikan rakyatnya maupun kepada dunia?
Mari kita saksikan pada tayangan berikut, Dirgahayu Republik Indonesia.
Presiden RI Soekarno menyebutkan bahwa Pancasila merupakan suatu ajaran universil.
Pendidikan Jarak Jauh
Secara umum, pendidikan jarak jauh (PJJ) merupakan sistem pendidikan yang melaksanakan proses belajar mengajar secara terpisah antara pendidik dan peserta didik. Pendidikan dengan sistem jarak jauh mengambil manfaat dan potensi besar dari perkembangan media dan teknologi. Media dan teknologi sebagai sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar ini, memberikan kesempatan pada peserta didik, dimanapun peserta didik itu berada, terbuka, dan kepada siapa saja.
Tujuan dan sistem keterbukaan PJJ
Dalam PP 17/2010 pasal 118 dinyatakan bahwa PJJ diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan, serta meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan. Sistem keterbukaan PJJ. Artinya proses belajar mandiri, belajar tuntas, menggunakan media dan mengoptimalkan media berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK). Dengan media dan teknologi, diharapkan dapat membuka kesempatan mendapatkan pendidikan terbuka bagi semua lapisan masyarakat. Tidak terkecuali pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
SMA Terbuka dan Pemanfaatan Media
Menteri Pendidikan M. Nuh, meluncurkan SMA Terbuka. Peluncurkan SMA terbuka pada tingkat SMA di mulai tahun ajaran 2014-2015, tanggal 10 Mei 2014 lalu, dan penerimaan siswa baru berawal pada Juli 2014. SMA Terbuka dibuka secara bertahap. Pada tahap awal, terdapat enam wilayah, Jawa Timur, Jambi, Jawa Barat, NTB, dan Sorong.
Berikut ini video streaming hasil dari telekonveresi dengan enam bupati.
Diterbitkan tanggal 12 Mei 2014
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NASIONAL MENDIKBUD M NUH TELAH MEMBUKA SMA TERBUKA DI ENAM WILAYAH DI INDONESIA MELALUI TELECONFERENCE, M NUH MENGTAKAN SMA TERBUKA DI HAJATKAN BAGI LULUSAN SMP YANG TIDAK TERTAMPUNG DI SMA ATAU SMK REGULER KARENA TERKENDALA BIAYA/GEOGRAFIS WAKTU DAN BUDAYA.
Prioritas dan target.
Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie mengemukakan, prioritas dan target awal, adalah lulusan SLTP sederajat yang tidak tertampung di SMA atau SMK reguler karena kendala ekonomi, geografis, waktu, sosial dan budaya juga drop out SMA atau SMK. Dengan adanya Sekolah Menengah Terbuka itu, diharapkan target angka partisipasi kasar sekolah menengah sebesar 97 persen bisa dicapai di 2020 mendatang.
Model proses pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan tiga model proses dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu online, balance online, dan tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran itu, akan diterapkan berdasar kemampuan dan kapasitas masing-masing daerah termasuk kondisi yang ada di daerah. Selama proses belajar, semua siswa Sekolah Menengah Terbuka akan diberikan beasiswa dan tablet yang akan diisi dengan modul-modul pembelajaran untuk siswa. "Dengan cara seperti ini, sistem belajar akan lebih efektif dan bisa lebih mandiri dengan mengkombinasikan sistem belajar jarak jauh menggunakan jaringan internet," ujar Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud itu. (sumber: www.antaranews.com)
Pemanfaatan Media
Di atas disebutkan bahwa media berbasis TIK, mampu menembus dimensi ruang dan waktu. SMA terbuka, memanfaatkan dan mengoptimalkan berbagai media (Multi Media). Sebagai institusi pendidikan yang melaksankanan proses belajar mengajar terbuka dan jarak jauh. Media, merupakan sarana dan prasarana yang dominan dalam proses tersebut. Bahan ajar media terdiri dari cetak dan non cetak. Bahan ajar berbasis media cetak, dengan karakteristik yang ada pada media tersebut merupakan media utama. Sedangkan media non cetak, merupakan materi bahan ajar yang mendukung isi pokok dari bahan ajar cetak, yang tidak dapat dijelaskan menggunakan media cetak. Meskipun demikian, media non cetak dapat juga sebagai media utama. Yang pada intinya, adanya dan dipergunakannya media-media itu untuk saling melengkapi kekurangan dan kelebihan dari karakteristik media. Dan dalam perkembangan media, media elektroniklah yang paling pesat perkembangannya.
Pengoptimalan media digital elektronik
Pemanfaatan berbagai peralatan media elektronik. Dalam dunia pendidikan, proses belajar mengajar menggunakan berbagai media elektronik disebut e-learning. Dalam proses tersebut, e-learning memerlukan suatu proses automatisasi. Automatisasi ini bertujuan mendukung proses pembelajaran peserta didik (online atau ofline) dan sistem manajemen administrasi secara otomatis. Sistem ini dikenal dengan Learning Manajemen System (LMS). LMS, merupakan perangkat lunak yang dapat mengautomatiskan proses belajar mengajar. Banyak perusahaan yang memberikan layanan berupa perangkat lunak (LMS), ada yang berbayar dan ada yang gratis. Contohnya adalah MOODLE (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment), perangkat lunak gratis dan banyak digunakan.
Melek media dan teknologi?
Dengan diluncurkannya SMA terbuka, oleh Kemendikbud. Hal itu mengajak kita semua untuk tidak hanya sekedar melek media. Dengan media dan teknologi, apa yang dapat kita lakukan? Apa yang dapat kita lakukan dengan media dan teknologi?
Berikutnya tentang "pendidikan terbuka dan jarak jauh", silakan (sdg perbaikan klik)
Multimedia dari yang sederhana (Mayer, 2001), even low-tech environments allow for multimedia, such as a “chalk and talk” presentation in which someone writes or draws on a blackboard (or use an overhead projector) while presenting a lecture. Atau bahkan multimedia yang paling sederhana (Mayer, 2001), the most basic from of multimedia is a text book lesson consisting of printed text an illustrations. Anda masih bingung. Sesederhana itukah multimedia?
Berikut masih tentang multimedia, multimedia mean that a person sits at a computer terminal and receives a presentation consisting of on-screen text, on-screen graphic or animation, and sounds coming from the computer’s speaker – as with an on – line multimedia encyclopedia. For same people, multimedia means a “live” presentation in which a group of people seated in a room views image presented on one or more screen and hear music or other image on one or more screen and hear music or other sound presented via speakers. Watching a video on a TV screen can be sounds presented via speaker. Watching a video on a TV can be called a multimedia experience because both image and sound are presented. Another example of multimedia is a power point presentation in which someone presents slides from a computer projected onto a larger screen and talks about each one. (Meyer, 2001).
Dari hal yang sangat sederhana, hingga menggunakan teknologi canggih. Kesederhanan multimedia digambarkan ketika orang membuka buku yang berisi teks dan gambar dibuka secara linear maupun random. Kemudian saat orang menonton televisi. Orang presentasi di depan audience menyajikan teks, gambar, gambar, video, dan mendengarkan musik. Ketika orang menggunakan komputer, saat orang mengoperasikan komputernya kemudian menerima informasi dari jaringan internet yang terdiri dari teks, gambar, audio, animasi, dan video. Mestinya orang yang tidak tahu, dikasih tahu.
Teknologi digital informasi?
Mendigitalkan media cetak. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Information Communication and Technology ICT, disamping sebagai alat informasi menggunakan teknologi (digital) juga sebagai alat komunikasi. ICT berkaitan erat dengan suatu proses, penggunaan sebagai alat bantu untuk, manipulasi, pengelolaan informasi, mempublikasikan informasi, dll. Yang terjadi adalah, hanya mendigitalkan teks dan gambar yang ada dalam media cetak. Naskah diberikan kepada programer, selanjutnya dikatakan interaktif, apabila di dalam media tersebut diberi quis.
Sebaiknya Anda tahu
Bagi orang normal, informasi diterima melalui panca indera, terutama mata, telinga, dan rasa. Saat telinga mendengar, mata melihat. Melalui indra mendengaran kata multimedia, kemudian sa’at yang bersamaan, kita melihat kata tersebut dalam bahasa tulis dipisah menjadi dua kata “multi media”. Dua kata tersebut dalam bahasa lisan (voice), nyaris tidak terdapat perbedaan. Padahal masing-masing, memiliki perbedaan. Multi Media vs Multimedia, Hardhono dalam Asandhimitra (2004, hal 74). Perbedaan makna dan frasa. Penting untuk dipahami perbedaan antara “multi media vs multimedia”. Makna frasa kata “multi media”, adalah komponen media yang terdiri dari teks dan gambar disajikan dalam bahan tercetak atau slide, suara disajikan dalam bentuk kaset atau animasi dan film/video disajikan dalam bentuk kaset atau video atau compact disk (CD).
Perbedaanya dengan kata “multimedia” adalah, semua komponen media: teks, gambar, animasi, suara, dan film atau video disajikan dalam satu alat, yaitu komputer multimedia (Sabatini, 2001). Hal ini sangat mungkin dilakukan sebagai hasil dari kemajuan teknologi, baik dari sisi perkembangan teknologi penyimpanan, kecepatan menyiman dan membaca kembali data yang disimpan maupun menyajikannya dalam satu program pembelajaran bahan ajar multimedia.
Kategori multimedia
Multimedia diketegorikan menjadi dua, linear dan non-linear. Keduanya memiliki unsur-unsur media yang sama, yaitu: teks, grafik/fotografi, animasi, audio, dan video. Multimedia linear. Pesan menggunakan unsur-unsur media, disampaikan secara linear dalam garis waktu (time line). Penonton, menyaksikan informasi dari awal hingga akhir. Seperti disampaikan (Meyer, 2001). Watching a video on a TV screen can be sounds presented via speaker. Watching a video on a TV can be called a multimedia experience because both image and sound are presented. Multimedia non linear (multimedia interaktif). Berikut ini, adalah kebalikan dari multimedia linear. Kebebasan memilih informasi pada pengguna. Kebebasan pengguna, dalam hal ini adalah mencari, memilih, mengontrol navigasi pada konten, dan penerima pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan (information on demand). Interaktif, pengguna berdialog dengan komputer, dan komputer meresponnya. Respon diberikan dalam waktu nyata (real time). Sampai di sini, pahamkah Anda? Mari kita lanjutkan lagi.
Sejarah multimedia, kapan multimedia itu ada?
video 1
Video 2
Kapan multimedia itu ada?, ke depan multimedia bagaimana dalam perkembangannya?. Dalam buku edisi pertama McGraw-Hill Tay Vaughan (1993) Multimedia: Making It Work. Tay Vaughan (1993) menyatakan "Multimedia adalah kombinasi dari teks, seni grafis, suara, animasi, dan video dikirimkan menggunakan jaringan Internet. Secara umum, pengertian interaktif, bila Anda memberikan struktur elemen terkait di mana pengguna dapat menavigasi, sehinga multimedia interaktif menjadi hypermedia” (wiki). Apa hypermedia?
Hypermedia, hypertext, multimedia. Merupakan gabungan informasi yang saling melengkapi sebuah informasi, sehingga pesan yang disampaikan memiliki makna. Hypermedia, perpanjangan jangka hypertext, adalah media (multimedia) non linear (wiki). Informasi yang terdapat pada hypermedia tidak jauh berbeda dengan multimedia. Informasi mencakup grafik, audio, video, teks biasa dan ditambah dengan hyperlink. Istilah hyperlink, pertama digunakan pada artikel oleh Ted Nelson, 1965. Implementasinya adalah, seperti yang hingga sekarang dapat kita saksikan ketika kita mengakses informasi World Wide Web.
Berikut ini mari kita saksikan, dan bagaimana perkembangan kedepannya?
Multimedia tertua
Kapan multimedia itu ada? Sudut pandang. Setelah membaca dari berbagai artikel, dan
menyaksikan klip video. Wayang pupet (apapun jenis
wayang) merupakan pertujukan multimedia tertua. Meskipun UNESCO baru memberikan pengakuan pada 7 November 2003 UNESCO, bahwa wayang merupakan warisan budaya di Indonesia. (sumber: indonesiawayang). Wayang merupakan pertunjukan multimedia dengan kearifan lokal. Akan tetapi keberadaan pertunjukan wayang, dari waktu ke waktu hingga saat ini mengalami pergeseran. Awalnya bertujuan sebagai tuntunan (afektif) sekarang menjadi tontonan.
Penyebab pergeseran
Rasionalitas lebih diutamakan dalam kehidupan. Hal ini membuat manusia sekarang cenderung untuk membuat kata-kata univok dan menggunakan bahasa matematis. Kata-kata dibuat dengan makna yang sejelas-jelasnya, akibatnya manusia menjadi miskin imajinasi, kurang afektif, kaku, dingin, dan kurang (bahkan tidak) bisa berfikir abstrak. Saat manusia tidak dapat menafsirkan suatu simbol maka simbol tersebut sudah tidak dapat lagi mengejawantahkan makna yang dikandungnya. (sumber: Chandra)
Banyak wayang di Indonesia. Berikut ini satu diantara sekian banyak yang ada.
Pesan afektif
Ketika kita menyaksikan video klip wayang berikut, tidak lebih dari sekedar gambar yang peragakan oleh dalang, yang diiringi oleh berbagai jenis gamelan yang ada. Dalam pertunjukan ini dapat menghipnotis para penggemarnya.
Kemenangan batin Apa yang dimaksud kemenangan batin? Perang antara Rama melawan Rahwana. Rahwana (raja Alengka). Dalam cerita Ramayana, Rahwana dikenal raja
diktator. Kediktatorannya melampaui batas, ketika menjadi raja. Tidak mau diberi tahu yang baik, tidak mau tau, tidak mau kalah kepada siapapun, ingin menguasai seisi jagad dan hidup abadi. Siapapun harus tunduk kepadanya.
Saat perang melawan Rama (raja Ayodya), yang dibantu oleh Hanoman. Saat itu Rahwana berada pada puncak gunung karang kemudian prabu Rama melepaskan panah kiyai Guwowijoyo, yang berarti
kemenangan batin. Bagaimana cerita dalam video clip tersebut? Mari kita
saksikan bersama.
Perang Baratayuda
Benar menurut siapa? Akhir perang Baratayuda. Perang tanding Bima (Werkudoro) melawan prabu Duryudono (raja Hastina). Prabu Duryudono kalah, dan meninggal dalam peperangan. Musuh Bima itu adalah napsunya Duryudono, yang saat ini dia sudah tidak punya napsu "yang ada tinggal raga". Raga (Duryudono), saudara tua Bima. Mari kita saksikan, bersama bagaimana pesan dalam video klip tersebut.
Demikian tentang multimedia, multi media, hypermedia, pesan afektif, dan pekembangan hypermedia yang akan datang. Pembuatan media, tidak sekedar mendigitalkan media cetak. Pada posting sebelumnya dikatakan bahwa "yang mudah itu tidak mudah". Para pembaca, dapat mencari contoh di lingkungan sekitar dengan pendekatan kearifan lokal (local wisdom).
Di atas dikatakan, orang tidak "tahu", bukan berarti bodoh. Ketika suatu saat kita "tahu". Dengan telunjuk yang kita miliki, jangan pernah menunjuk balik.
Daftar bacaan
E. Mayer Richard, (2001).
Multimedia Learning, Cambridge University Press. Vaughan Tay, (2004), Theresia Ari Prabawati & Agnes Heni Triyuliana. Multimedia Making It Work, Edisi 6 (tejemahan), judul asli Multimedia Making It Work sixth Edition. Penerbit Andi Yogyakarta.
Musik untuk pikiran, Campbell (2001, hal 241). Peleburan memori mental dan memori indrawi penting sekali untuk pembelajaran yang produktif, dan kegiatan membuat musik secara aktif menggabungkan proses-proses ini secara efektif dari pada bila hanya mendengarkan. Dalam kenyataan, belajar secara aktif -- yakni, belajar melalui tubuh --- sesungguhnya merangsang sistem memori yang berbeda dalam otak dibanding yang dirangsang oleh pembelajaran pasif, atau verbal. dan melibatkan bagian-bagian kortes serebral yang lebih banyak.
Berikut ini lagu pop daerah. Jika Anda akses menggunakan notebook, iPad, atau yang lainnya gunakan head phone. Jika akses menggunakan personal komputer, gunakan aktif speaker. Dengan catatan Anda telah menginstall flash player, baik untuk OS android, OS wind, maupun untuk Mac. Selanjutnya perhatikan di bawah ini.
Perhatikan! Membuat seperti yang Anda saksikan di atas itu mudah. Dibandingkan dengan proses mendidik. Karena mendidik, tidak sekedar mentransfer pengetahuan kepada peserta didik.
Sekolah kok takut. Apa yang ditakuti?, pelajarannya?. Ilmu pengengetahuan alam (IPA), fisika dan matematika biasanya pelajaran yang ditakuti siswa, apa iya? Perhatikan di atas: audio (bunyi), grafik batang, amplitudo, dan panjang pendek gelombang. Kaitannya dengan pelajaran fisika, matematika, dan seni, menarik kan.... Gerak dinamis mengikuti tinggi rendahnya nada dan irama lagu.
Sekilas tentang suara/bunyi, dan amplitudo. Amplitudo adalah pengukuran obyektif dari tingkat perubahan (positif atau negatif) pada tekanan atmosfer (kompresi dan penghalusan molekul udara) yang disebabkan oleh gelombang suara. Suara dengan amplitudo yang lebih besar akan menghasilkan perubahan besar pada tekanan atmosfer dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.
Gelombang bunyi. Bunyi, adalah gelombang tekanan dalam medium seperti udara, air atau baja. Apabila mampatan dan renggangan gelombang mengenai selaput pendengaran kita, kita mendengar bunyi itu dengan catatan bahwa frekuensi gelombang harus di antara 20 Hz dan 20 000 Hz. Gelombang yang berfrekuensi di atas 20 kHz dikenal sebagai gelombang ultrasonik. Yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hz disebut gelombang infra sonik (Hal 23, Frederick 1999).
Salah satu dari keunggulan "Multimedia pembelajaran interaktif" adalah, mampu menjelaskan sesuatu yang sulit dijelaskan. Contoh berikut ini menjelaskan sumber suara, gelombang udara yang digambarkan dalam bentuk garis, hingga menyentuh genderang telinga. Brani nggak! (wani piro?...). Untuk dapat melakukan (membuat) apa yang Anda saksikan di atas, diperlukan keberanian. Keberanian merubah diri dan meluangkan waktu, dan keluar dari rutinitas!. Masih ingat pepatah?. Bagaikan katak di bawah tempurung. Sebuah peribahasa yang sering kita dengar. 'Tempurung' menyiratkan sebuah sistem, karena faktor alam, atau faktor-faktor lain, sehingga orang terisolir dari keterhubungan antar manusia. Penulis yakin dan percaya bahwa pembaca tidak demikian adanya.
Jangan kemana-mana saksikan tayangan berikut! Yang Anda saksikan adalah,usaha pada seekor katak. Katak yang berusaha keluar, dan memanjat dinding tembok yang tingginya melampaui tinggi tubuhnya. OK lah kalau begitu, biarkan katak dengan caranya sendiri akan keluar dari tempurung kelapa, (keluar dari ketebelengguan). Jangan puas dengan contoh di atas! Silakan unduh contoh 1contoh 2 (tidak untuk komersial)
Kita kembali ke... "amplitudo". Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh dari garis kesetimbangan dalam gelombang sinusida (sinusoide) yang terdapat pada pelajaran fisika, yang digambarkan dalam dua dimensi seperti gambar di bawah ini (hal. 98, bab 11.;Frederick 1999).
Properti gelombang suara. Ketika kita berbicara tentang suara/audio, tidak terlepas dari tiga pokok yang harus dipahami. Gelombang suara memiliki sifat tertentu. Sifat tersebut tergantung dari sifat gelombang. Tiga pokok properti gelombang suara.
Panjang gelombang. Panjang gelombang (fisika) dari gelombang sinusoida. adalah jarak antara setiap
titik pada gelombang dan titik ekuivalen pada fase berikutnya.
Amplitudo, peak to peakamplitudo, perubahan gelombang pada puncak tertinggi dan terendah. Peak-to-peak adalah pengukuran langsung pada sebuah osiloskop.
Frekuensi, banyaknya jumlah getaran (gelombang/putaran/perulangan) dalam satu detik.
Dengan gain amplitudo dan frekuensi di bawah ini, Anda dapat mengubah properti gelombang suara yang digambarkan dalam dua dimensi, panjang, pendek, tinggi, dan rendahnya gelombang. Demikian sekilas tentang amplitudo dan gelombang bunyi, berikut propertinya. Untuk sekolah yang sudah memiliki fasilitas ICT, berikut ini bagi Anda yang kesulitan menjelaskan pelajaran IPA fisika, dapat menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk pelajaran tersebut. Prosesnya sangat mudah, tidak perlu ada pemrograman yang sulit. Mempelajari aplikasi ini, tidak sulit, hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 s.d 40 menit. Anda dapat mengunduhnya, install,dan selanjutnya terserah Anda, klik.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat revolusioner. Saat kita mengakses internet, dengan memasukkan kata kunci. Kita akan mendapatkan ribuan informasi. Bila informasi sebatas teks, grafik, dan foto, itu hal yang wajar. Akan tetapi, ketika banyak situs atau blog yang memberikan informasi berupa audio, video. Ini adalah perubahan yang revolusioner di era teknologi digital. Dengan menggunakan berbagai peralatan komunikasi, setiap orang dengan mudah membuat, mengunggah audio video, dan penerima dapat menerima pesan berupa audio video (streaming) melalui jaringan internet. Berikut ini tentang streaming. Apa itu media streaming?
Media streaming, proses pengiriman/penyampaian pesan menggunakan teknologi sebagai sarana komunikasi. Kata streaming dari bahasa inggris stream + ing, yang berarti mengalir terus. Media streaming, dalam wiki adalah, streaming media are multimedia that are constantly received by and presented to an end-user while being delivered by a provider. Its verb form, "to stream", refers to the process of delivering media in this manner; the term refers to the delivery method of the medium rather than the medium itself. Media streaming dari wiki dapat kita tarik kesimpulan, bahwa media streaming, adalah 'audio video on demand'. Audio video on demand, adalah sistem yang memberikan layanan kepada pengguna akhir untuk memilih konten, dengan cara menonton video, atau mendengarkan audio. Pada media streaming atau audio video on deman, pengguna akhir dapat mengakses kapan saja dimana saja.
Media streaming, sebagai sarana komunikasi, memerlukan pita lebar bandwidth. Media tersebut dianalogikan air yang mengalir melalui saluran pipa. Dari analogi tersebut, mana sebagai air?, pipa?, dan dari mana air mengalir?. Bandwidth besar (pita lebar) agar informasi dapat diterima lancar, (tidak terputus-putus) maka diperlukan pipa besar. Apa bandwidth dan hubungannya dengan komunikasi? Sebelum membicarakan media streaming sekilas tentang, 'media dan komunikasi'.
Media dan komunikasi. Media = medium, komunikasi = komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain wiki. Membicarakan tentang "media dan komunikasi", sangat banyak, dan terlalu banyak untuk dibahas pada posting ini. Berikutnya singkat tentang komunikasi.Komunikasi atau penyampaian pesan menggunakan media, ada dua cara, yaitu: Komunikasi langsung synchronous communication, adalah, penyampaian pesan secara langsung. Dalam berkomunikasi disinkronkan antara komunikator dengan komunikan. Keduanya terlibat komunikasi dan dialog dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan media. Komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, adalah penyampaian pesan, dengan tidak melibatkan komunikan dalam waktu yang bersamaan. Membicarakan media, pada komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, diera teknologi digital. Media dibagi menjadi dua, "media cetak" dan "media non cetak". Berikut ini komunikasi penggunaan media cetak dan non cetak (media elektronik).
Media non cetak (media elektronik): pesan e-mail, forum diskusi, blogging, dan pesan SMS melalui ponsel, dll.
Media cetak, adalah semua media cetak, buku, majalah, surat kabar, dll.
Komunikasi tidak langsung asynchronous communication, dan komunikasi langsung synchronouse communication, kedua istilah tersebut dalam dunia pendidikan menjadi asynchronouse learning dan synchronouse learning. Sudut pandang, sikap prejudice, dan menilai. Membicarakan media dan komunikasi, baik langsung maupun tidak langsung, juga tidak terlepas dari sikap ketertarikan orang (human interest), persepsi (sudut pandang), menilai dan prejudice. Itu semua tidak terlepas dari sikap yang dilatarbelakangi oleh berbagai latar belakang masing-masing individu. Demikian sekilas tentang media, komunikasi, dan sikap prejudice.
Kembali ke... Streaming Apa itu bandwidth?, sekilas tentang bandwidth. Bandwidth adalah, bila digunakan pada jaringan komputer. Istilah tersebut sama dengan pada suatu proses transfer rate data. Transfer rete data, merupakan jumlah data digital yang dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Dalam suatu proses pemindahan data, kecepatan data dilihat sebagai suatu perjalanan dari jumlah yang diberikan dari satu tempat ke tempat lain.
Bandwidth, dalam komunikasi elektronik. Adalah pita dengan rentang lebar, berupa sinyal frekuensi elektronik pada penggunaan media transmisi yang diberikan oleh provider. Semakin besar bandwidth yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat transfer data, dan memiliki akurasi tinggi. Dengan akurasi tingkat tinggi, proses komunikasi tidak mengalami keterlambatan antara suara dan gambar (tidak terputus-putus).
Pernah Anda dengar teknologi 3G?. Teknologi generasi ke tiga (3G), dalam bahasa inggris third generation technology. Istilah yang sudah dibakukan oleh International Telecommunication Union (ITU). Istilah 3G, adalah istilah untuk aplikasi jaringan telepon seluler, merujuk pada perkembangan teknologi telepon nirkabel seluler versi ke tiga. Melalui versi tersebut, pengguna telepon seluler dapat mengakses internet dengan kecepatan bandwidth 384 kilobit per detik (kbps). Generasi ke 3 (3G), merupakan generasi pertukaran informasi dengan kecepatan tinggi ( high-speed ), untuk pita lebar ( broadband ). Demikian sekilas bandwidth. Generasi teknologi ini menjadikan dunia semakin mengglobal.
Saksikan contoh multimedia berikut ini! Globalisasi, salah satunya adalah ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi yang makin memasyarakat. Apapun informasi yang masuk dari berbagai belahan dunia, tanpa dapat dikontrol. Pan-kun adalah simpanse muda dan seekor buldog, sering tampil di NTVJepang. Keduanya adalah sahabat yang baik dan setia, dan saling membantu. Bagaimana cerita tersebut, ikuti tayangan dari youtube berikut ini. Dampingi putra putri saat mengakses internet dirumah!
Dapatkah Anda memaknai pesan alur cerita tersebut? Contoh di atas merupakan bentuk komunikasi tidak langsung asynchronosue communication. Multimedia (video), yang didisplay dengan format .FLV player.
Singkatnya pengertian bandwidth adalah jumlah data digital elektronik, yang diubah menjadi komponen media yang terdiri dari teks, animasi, grafik style picture / live picture, dan audio, atau data streaming lainnya yang ditransfer dari server ke pengguna akhir (client) atau sebaliknya, dari pengguna akhir ke server (Uload). Server adalah, sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Semakin besar bandwidth, semakin cepat proses transfer data. Kecepatan proses transfer data, media streaming digunakan sebagai sarana media komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan (live streaming). Live streaming, media streaming juga digunakan untuk komunikasi dengan banyak orang dalam suatu event (tele conference).
Masih ingat kah?, di atas disebut tentang komunikasi langsung synchronous communication. Pertemua jarak jauh menggunakan media streaming disebut konferensi jarak jauh (tele conference).
Tele konverensi
Tele konferensi tele conference, adalah pertemuan jarak jauh yang dilakukan antara dua orang peserta atau lebih. Pertemuan menggunakan teknologi canggih, dalam waktu yang bersamaan. Meskipun demikian, telekonferensi sederhanapun, dapat juga dilakukan dengan menggunakan telepon, prosesnya dengan cara berbagi speaker audio phone.
Matt and David talk to two colleagues in Germany and Hong Kong via conference phone about developing their new website and intranet system. This is Unit 11 from Oxford University Press' Business Result Upper-intermediate (youtube).
Tele konferensi menggunakan teknologi canggih. Dalam hal ini semua pihak terlibat dalam komunikasi/dialog, tidak sekedar mendengarkan. Peserta dapat menyaksikan gerakkan pembicara dan gerak peserta lain dalam waktu yang bersamaan. Tele konferensi ini, disebut juga video konferensi (VICON), atau dapat disebut juga live streaming. Peralatan yang diperlukan mobile phone, iPad, note book atau komputer pribadi, kamera, mikrofon, modem broadband jaringan internet pita lebar (bandwidth), dll. Perangkat lunak yang diperlukan, media player. Media player berfungsi mendisplay multimedia (video), atau audio. Berikut ini, adalah gambaran tentang hal tersebut, dapat Anda saksikan komunikasi dalam waktu yang sama realtime antara satu peserta dengan yang lain.
Contoh dari youtube telepresent... Agar client yang sedang berada di berbagai lokasi dapat terlibat dalam komunikasi, peralatan tersebut dilengkapi dengan perangkat lunak skype. Bagaimana cara / sistem kerja video konverensi Dengan skype, dapat melakukan video call, multi video chat, komunikasi dengan banyak orang, dll. Skype aplikasi dapat digunakan pada komputer pribadi, komputer notebook, tablet, dan perangkat lain yang telah dilengkapi dengan kamera dan mikrofon. Anda dapat mendownloadnya aplikasi tersebut pada di sini klik .
Yang Anda saksikan adalah gambaran komunikasi langsung menggunakan aplikasi skype. Aplikasi skype adalah (perangkat lunak) teknologi yang mampu mengantarkan pesan langsung. Pesan dan komunikasi dilakukan dengan banyak orang secara bersamaan dalam waktu nyata live streaming. Live streaming, komunikasi langsung baik antar individu maupun kebanyak orangsecara waktu nyata (real time). Demikian sekilas tentang media streaming, dan contoh-contohnya. Narasi yang terdapat pada contoh-contoh yang ada mungkin tidak relvan dengan posting ini, akan tetapi hal itu adalah gambaran yang menggambarkan media streaming. Audio streaming Audio streaming, merujuk pada media streaming. Adalah pesan berupa audio, yang dikirim menggunakan teknologi jaringan internet. Penerima pesan, akan menerima dengan cara mendengarkan pesan yang disampaikan menggunakan audio streaming. Audio streaming, biasa digunakan pada radio. Radio streaming, contoh dapat anda kunjungi di radio radio streaming indonesia, radio online, Indonesia Radio Stations, dll.
Masih ingatkah? di atas disebut ...sekilas media dan komunikasi..., membicarakan hal tersebut tidak terlepas dari sudut pandang (perspektif), prasangka (prejudice). Indonesia kaya akan budaya dari berbagai etnis, agama, ras, bahasa, dll. Dalam berkomunikasi langsung maupun tidak langsung, sebuah pernyataan akan dapat menimbulkan sudut pandang atau persepsi, dan bahkan menimbulkan prasangka baru pada kedua pihak (komunikan, komunikator). Apa itu persepsi? Kata persepsi bila digunakan dalam fotografi atau gambar, adalah sudut pandang pada suatu objek. Saksikan dan arahkan mouse Anda pada masing-masing objek di bawah ini! Yang Anda saksikan adalah gambar 2 dimensi, karya M. Yusuf Tahir (kandidat Doktor). Jika dalam kehidupan, sudut pandang / persepsi dilihat dalam arti yang lebih luas, akan menimbulkan prasangka (prejudice), atau sikap tertentu pada kedua belah pihak.
Apa prejudice/prasangka itu? Prejudice / prasangka, adalah keputusan awal yang dilakukan secara sadar. Keputusan yang dibuat, tanpa melihat fakta yang sebenarnya/relevan pada sebuah kasus. Gordon Allport mendefinisikan prejudice / prasangka sebagai "perasaan, menguntungkan atau tidak menguntungkan, arah seseorang atau sesuatu, sebelum, atau tidak berdasarkan, pengalaman aktual. Bila prasangka awal prejudice dibarengi dengan penilaian. Maka hasil penilaian yang terbentuk, biasanya tidak menghasilkan hasil yang baik dan benar. Melalui posting ini, pembaca dapat menyaksikan prejudice dalam kehidupan sehari-hari di sekeliling kita. Mengapa orang bersikap prejudice? Prasangka prejudice, seiring dengan menilai. Dalam pergaulan proses menilai dan sikap prejudice terhadap seseorang, hal ini terjadi karena dilatarbelakangi berbagai hal, antara lain: jenis kelamin, kelas sosial/strata dalam kehidupan, kecacatan seseorang, usia, agama, ras/etnis, seksualitas, bahasa, kewarganegaraan, karakteristik, dan sifat-sifat pribadi lainnya. Akankah Anda bersikap prejudice? Contoh, audio streaming, berikut, merupakan satu diantara sekian banyak budaya yang ada di Indonesia. Dari yang Anda saksikan, masihkah bersikap prejudice? Pesan berupa potongan audio streaming yang terdokumentasi, disampaikan menggunakan pendekatan kearifan lokal local wisdom.
Kearifan lokal (lokal wisdom)
Dalam Kamus Inggris Indonesia John M. Echols dan Hassan Syadily, lokal berarti setempat, sedangkan wisdom (kearifan) sama dengan kebijaksanaan. Secara umum maka lokal wisdom (kearifan setempat) dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (lokal) yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Dalam disiplin antropologi dikenal istilah lokal genius. sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31686/4/Chapter%20II.pdf.
Dari sumber yang sama, Gobyah (2003), mengatakan bahwa kearifan lokal (lokal genius) adalah kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung didalamnya dianggap sangat universal.
Dari sumber yang sama, Gobyah (2003), mengatakan bahwa kearifan lokal (lokal genius) adalah kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung didalamnya dianggap sangat universal.
Dalam bahasa jawa 'Yen lali ojo kesuwen, yen salah ojo kakehen.' Dalam bahasa Indonesia, jika lupa jangan terlalu lama lupa, apabila melakukan kesalahan jangan sampai banyak salah. Segera sadar dan kembali jalan yang benar dengan petunjuk Nya. Pada posting ini, yang sangat mungkin terdapat salah kata atau ada kosa kata yang kurang berkenan di hati pembaca, mohon kritik dan saran.
Kesimpulan Dalam berbagai hal dalam kehidupan, mengandalkan intelligence quotient (IQ) tidak cukup, tanpa diimbangi Emosional Quotient (EQ), Spiritual Quotient (SQ), Adversitas Quotient (AQ). Komunikasi dengan teknologi digital, merubah kehidupan dan cara komunikasi. Berawal dari generasi teknologi analog, yang dipetakan menjadi 3 generasi yang disingkat 3G. Cara berkomunikasi pun berubah. Dengan menggunakan teknologi 3G, dimanapun keberadaan orang dapat berkomunikasi secara langsung (see you see me), maupun tidak langsung, selama masih dalam jangkauan teknologi tersebut.
Media streaming, cara penyampaian pesan dan komunikasi menggunakan teknologi, baik langsung synchronouse maupun tidak langsung asynchronouse.
Komunikasi langsung synchronouse communication = live streaming dengan media streaming. Adalah komunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan (real time). Pada live streaming, penerima pesan dapat berdialog dengan nara sumber dan dapat menyaksikan atau mendengar.
Media streaming, pada komunikasi tidak langsung asynchronouse communication, adalah pesan yang disampaikan menggunakan multimedia (audio atau video) yang terdokumentasikan (audio video on demand). Penerima pesan (komunikan), dapat mencari, mendengarkan, menyaksikan, dan mengkomunikasikan kepada nara sumber, dimanapun dan kapanpun selama masih dalam jangkauan teknologi. Pengiriman pesan melalui media streaming, tidak hanya audio video. Audio/video ondemand, dapat berupa musik lagu, atau berikut visual.
Music on demand. Pendistribusian musik melalui jaringan internet, menggunakan media streaming. Pengguna akhir dapat memilih, menyaksikan, mendengarkan, atau berkaraoke, dan mendownloadnya. Audio, video, music, on demand yang disampaikan kepada pengguna akhir menggunakan media streaming adalah multimedia terdokumentasi. Synchronouse dan asynchronouse communication. Kedua istilah itu dalam dunia pendidikan disebut synchronouse dan asynchronouse learning. Berkembangnya teknologi dan penggunaan istilah tersebut merubah cara dan proses belajar dan pembelajaran menggunakan teknologi.
Synchronouse learning dan asynchronouse learning.Synchronouse learning proses belajar mengajar yang melibatkan pengajar, pembelajar, media dan teknologi. Proses ini, dalam waktu yang disinkrondkan antara pengajar dan pembelajar secara bersamaan (real time). Asynchronouse learning, proses belajar mengajar yang dilakukan dengan waktu yang tidak bersamaan. Dalam proses ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan (society learning). Dan proses pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja pembelajar berada, selama masih dalam jangkauan teknologi.
Globalisasi diberbagai hal dalam kehidupan. Hal ini menjadi pertanyaan, akankah kearifan lokal (local wisdom) termarginalkan?
TIADA HARI TANPA BELAJAR / BELAJAR SEPANJANG HAYAT
Terima kasih atas kunjungan. Sudahkan Anda mengunduh yang di atas?. Bagi yang ingin mengembangkan audio streaming silakan unduh pada berikut AS2AS3 (tidak untuk komersial).
Daftar bacaan
Campbell Don, (2001). Efek Mozart Bagi Anak-Anak, Meningkatkan Daya Pikir, kesehatan dan Kreatifitas Anak Melalui Musik. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta 2001. Frederick J. Bueche, Ph.D, (Profesor of Physic University of Dayton), (1999). Teori dan soal-soal Fisika, edisi kedelapan. Alih bahasa: Drs. Darmawan, M.Sc. Institut Teknologi Bandung. Pnerbit Erlangga, Jl. H Baping Raya No. 100 Ciracas. Jakarta 13740. Dr. Ir. Bob Foster, M.M., (1997). FISIKA SMU Jilid 1 B Semester 2. Penerbit Erlangga, Jln. H. Baping Raya No. 100 Ciracar, Jakarta 13740. Suharyanto, Karyono, Dwi Satya Palupi (2009). FISIKA untuk Kelas XII SMA dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009. Understanding Prejudice and Racism, (Gordon W. Allport, diunduh Desember 2013). 11556_Chapter_1 http://www.sagepub.com/upm-data/11556_Chapter_1.pdf Sukis Waryono, Yani Muharomah (2008). Mari Belajar Alam Sekitar, Panduan IPA Terpadu. Untuk Kelas IX SMP/MTs. Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional, Penerbit CV. Usaha Makmur. Dewi Ganawati, Sudarmana, Wiwik Radyuni (2008). Pembelajaran ILMU PENGETAHUAN ALAM. Untuk SMP dan MTs. Terpadu dan Kontekstual. Departemn Pendidikan Nasional dari Penerbit PT. Karya Mandiri Nusantara.
Sri Budiarti, Kompasiana (Desember 2013). IQ, EQ, SQ dan AQ, http://edukasi.kompasiana.com/2010/07/21/iq-eq-sq-dan-aq-200804.html http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31686/4/Chapter%20II.pdf http://searchunifiedcommunications.techtarget.com/definition/Skype
Gordon W. Allport, The Natur of Prejudice. http://faculty.washington.edu/caporaso/courses/203/readings/allport_Nature_of_prejudice.pdf Kearifan lokal, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132309073/B-INTEGRASI%20NILAI-NILAI%20KEARIFAN%20LOKAL%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20UNTUK%20MENANAMKAN%20NASIONALISME%20DI%20SEKOLAH%20DASAR.pdf
http://www.psychologymania.com/2012/11/pengertian-kearifan-lokal.html
http://ewintribengkulu.blogspot.com/2012/11/konsep-kearifan-lokal.html#.Ufx8wZI3aNo
http://www.academia.edu/846503/Kearifan_Lokal_dalam_Perspektif_Epistemologi_Irfani
http://id.wikipedia.org/wiki/Gerak_harmonik_sederhana
http://id.wikipedia.org/wiki/Harmonisa
http://en.wikipedia.org/wiki/Broadband
Salam kreatif... Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan...baca selanjutnya Merdeka, Merdeka, dan tetap Merdeka...
Kemerdekaan Indonesia diraih melalui berbagai peperangan yang terjadi secara sporadis di berbagai penjuru tanah air Indonesia. Peperangan yang tidak seimbang. Tentara kolonial dengan dibekali senjata otomatis, tank berlapis baja, dan pesawat terbang, dilawan hanya berbekal bambu runcing. Rakyat bersatu melawan dan mengusir penjajah di tanah air Indonesia. Tank baja memang keras, tidak dapat ditembus peluru, akan tetapirakyat yang menyatu diseluruh Indonesia dan tekad bulat, jauh lebih keras melampaui kerasnya tank baja. Semangat yang membara, berikut Pidato bung Tomo.
Bapak Proklamator RI
Pelajar Australia menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki sejarah panjang. Sejarah mencatat, tidak sedikit rakyat dari Sabang sampai Merauke, dan berbagai suku bangsa menjadi korban di tanah air. Seperti disebut Bung Tomo, tekat bulat perang mengangkat senjata, demi kemerdekaan. 17 Agustus 1945, merupakan sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pahlawan berjuang dan berkorban rela mati demi kemerdekaan. Apa yang sudah kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan?, dengan rentang waktu dari 17 Agustus 1945, hingga sekarang?. Menjadi pahlawan dan mengisi kemerdekaan tidak selalu mengangkat senjata. Perangi kebodohan dan kemiskinan. Apa pendapat dan perasaan Anda setelah menyaksikan pidato Bung Tomo? Kita tunggu Tomo - Tomo muda di era kemerdekaan, untuk mengisi kemerdekaan.
Seharusnya Anda tahu, ikuti tayangan berikut ini!
Mengapa belajar Pancasila? Mari kita belajar Pancasila
Posting ini diambil dari berbagai sumber. Tinggalkan komentar Anda.