Menyongsong Tenologi
Globalisasi diawal tahun 1990an ditandai tumbuh berkembangnya Teknologi Informasi (TI), penggunaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT). TIK/ICT adalah gabungan dari perkembangan teknologi sebelumnya: telepon, telegraf, radio, tele konverensi, dan penggunaan komputer berikut jaringannya sebagai tulang punggung. TIK/ICT meliputi hal-hal berkaitan dengan: mengakses, memanipulasi, menyimpan/menyajikan informasi, dan komunikasi. Cakupannya meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi pendukungnya.
TIK/ICT sarana untuk menyebarkan informasi dan komunikasi. Informasi dan komunikasi kolaborasi interaksi antar individu, dengan menggunakan jaringan komputer tanpa memperhatikan letak geografi. Contoh akses infrastruktur jaringan internet, Local Area Network (LAN), WAN, GlobalNet, Intranet, Ekstranet, dan tele konverensi.
Pemanfaatan teknologi (komputer) untuk pendidikan. Dengan didukung provider seluler dan provider internet yang memberikan kesempatan akses jaringan internet dengan jalur lebar broadband (bahkan ada beberapa provider membagikan modem kepada pendidik gratis), sehingga orang dengan mudah berkomunikasi, saling tukar informasi, kirim pesan melalui SMS, e-mail, face book, tweeter, dll. Peralatan tersebut disamping dapat mengakses informasi, juga dapat mengunggah (Upload), mengunduh (Download) materi di jaringan internet, bagi siapa saja, dimana saja, kapan saja. Selama masih dalam jangkauan jaringan infrastruktur telpon/celular dan internet (TIK).
Pembelajaran inquiri menggunakan metode pictorial riddel. Metode tersebut mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran. Saksikan tayangan klip video memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan pembelajaran aktif (Active learning) di kelas.
Kembali
TIK/ICT sarana untuk menyebarkan informasi dan komunikasi. Informasi dan komunikasi kolaborasi interaksi antar individu, dengan menggunakan jaringan komputer tanpa memperhatikan letak geografi. Contoh akses infrastruktur jaringan internet, Local Area Network (LAN), WAN, GlobalNet, Intranet, Ekstranet, dan tele konverensi.
Pemanfaatan teknologi (komputer) untuk pendidikan. Dengan didukung provider seluler dan provider internet yang memberikan kesempatan akses jaringan internet dengan jalur lebar broadband (bahkan ada beberapa provider membagikan modem kepada pendidik gratis), sehingga orang dengan mudah berkomunikasi, saling tukar informasi, kirim pesan melalui SMS, e-mail, face book, tweeter, dll. Peralatan tersebut disamping dapat mengakses informasi, juga dapat mengunggah (Upload), mengunduh (Download) materi di jaringan internet, bagi siapa saja, dimana saja, kapan saja. Selama masih dalam jangkauan jaringan infrastruktur telpon/celular dan internet (TIK).
Pembelajaran inquiri menggunakan metode pictorial riddel. Metode tersebut mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran. Saksikan tayangan klip video memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan pembelajaran aktif (Active learning) di kelas.
Kreatifitas
Berikut ini adalah contoh media pembelajaran, berupa sebuah Aplikasi (MENGENAL HURUF UNTUK ANAK USIA DINI). Aplikasi ini bertujuan sebagai alat presentasi dan alat peraga. Dalam aplikasi tersebut disertakan teks, gambar statik (foto), video, audio, dan latar belakang musik (backsound). Dengan tujuan untuk memperkenalkan huruf, pada peserta didik (PAUD).
Pengoperasikan aplikasi ini sangat mudah (user friendly). Saat guru memberikan ceramah di depan kelas, dengan mudah dapat mengaktifkan latar belakan musik (backsound) dengan pengontrol volume, memindahkan gambar, mengaktifkan/menghilangkan video klip pada layar.
Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru meminta agar siswa memindahkan abjad /(gambar yang dipilih) pada tempatnya yang sesuai dengan video klip yang sedang berjalan. Hal ini dapat dilakukan secara simultan.
Pemanfaatan teknologi tepat guna dan tepat sasaran. Aplikasi ini diperuntukkan pada peserta didik PAUD. PAUD adalah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut (TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi). PAUD bertujuan untuk mempersiapkan dan membentuk anak yang berkualitas, sebelum memasuki jenjang-jenjang tersebut. Ruang lingkup berdasar usia peserta didik PAUD:
- Infant (0-1 tahun)
- Toddler (2-3 tahun)
- Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
- Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
Cara menggunakan aplikasi
- Optimalkan penggunaan mouse dan jari jika touch screen, akan mendapatkan pesan suara dari gambar tersebut,
- klik dan seret dengan mouse/jari salah satu gambar ayam, kambing, atau kucing, kemudian pindahkan gambar tersebut dan letakkan agar menindih kotak segi empat di sebelah kanan,
- tombol ulangi, berfungsi untuk mengembalikan pada posisi semula,
- siswa diminta untuk memilih abjad untuk mengklik dan menyeretnya untuk ditempatkan pada tempat yang masih kosong, (kotak bawah),
- untuk mengaktifkan audio silakan tekan tombol audio dan mengaturnya dengan gain untuk mengatur suara.
Peralatan yang diperlukan dalam pengembangan
- komputer multimedia
- kamera style picture, kamera video (dapat menggunakan kamera HP, kamera digital, handy cam, dll)
- Anda dapat kembangkan lebih lanjut, mengganti gambar, audio, backsound, dll
------------------------------------------------------------------------------------------------