Social Icons

Berpacu dalam teknologi


Salam kreatif...
Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog Multimedia Pembelajaran Interaktif. Semoga kata kunci yang Anda masukkan selengkapnya...

  • Menyongsong Tenologi
  • Globalisasi diawal tahun 1990an ditandai tumbuh berkembangnya Teknologi Informasi (TI), penggunaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT). TIK/ICT adalah gabungan dari perkembangan teknologi sebelumnya: telepon, telegraf, radio, tele konverensi, dan penggunaan komputer berikut selengkapnya...

  • Kreatifitas
  • Metode pictorial riddel menutut kreatifitas pendidik. Metode tersebut dikembangkan untuk motivasi dan minat siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Gambar dan alat peraga menggunakan aplikasi multimedia (teks, grafik/foto, animasi, audio, video, dan interaktif) yang diproyeksikan menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board selengkapnya...

  • Fisika
  • Berikut ini adalah contoh saat guru akan menjelaskan mata pelajaran fisika di depan kelas menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board selengkapnya...

    Tinggalkan pesan 

    Menyongsong Tenologi
    Globalisasi  diawal tahun 1990an ditandai tumbuh berkembangnya Teknologi Informasi (TI), penggunaan, dan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) atau Information Communication Technology (ICT). TIK/ICT adalah gabungan dari perkembangan teknologi sebelumnya: telepon, telegraf, radio, tele konverensi, dan penggunaan komputer berikut jaringannya sebagai tulang punggung. TIK/ICT meliputi hal-hal berkaitan dengan: mengakses, memanipulasi, menyimpan/menyajikan informasi, dan komunikasi. Cakupannya meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan aplikasi pendukungnya.

    TIK/ICT sarana untuk menyebarkan informasi dan komunikasi. Informasi dan komunikasi kolaborasi interaksi antar individu, dengan menggunakan jaringan komputer tanpa memperhatikan letak geografi. Contoh akses infrastruktur jaringan internet, Local Area Network (LAN), WAN, GlobalNet, Intranet, Ekstranet, dan tele konverensi.
    Pemanfaatan teknologi (komputer) untuk pendidikan. Dengan didukung provider seluler dan provider internet yang memberikan kesempatan akses jaringan internet dengan jalur lebar broadband (bahkan ada beberapa provider membagikan modem kepada pendidik gratis), sehingga orang dengan mudah berkomunikasi, saling tukar informasi, kirim pesan melalui SMS, e-mail, face book, tweeter, dll. Peralatan tersebut disamping dapat mengakses informasi, juga dapat mengunggah (Upload), mengunduh (Download) materi di jaringan internet, bagi siapa saja, dimana saja, kapan saja. Selama masih dalam jangkauan jaringan infrastruktur telpon/celular dan internet (TIK).

    Pembelajaran inquiri menggunakan metode pictorial riddel. Metode tersebut mengajak siswa aktif dalam proses pembelajaran. Saksikan tayangan klip video memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan pembelajaran aktif (Active learning) di kelas.







    Kembali




    Kreatifitas
    Metode pictorial riddel menutut kreatifitas pendidik. Metode tersebut dikembangkan untuk motivasi dan minat siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Gambar dan alat peraga menggunakan aplikasi multimedia (teks, grafik/foto, animasi, audio, video, dan interaktif) yang diproyeksikan menggunakan teknologi SMARTboard/Interactive White Board.

    Berikut ini adalah contoh media pembelajaran, berupa sebuah Aplikasi (MENGENAL HURUF UNTUK ANAK USIA DINI). Aplikasi ini bertujuan sebagai alat presentasi dan alat peraga. Dalam aplikasi tersebut disertakan teks, gambar statik (foto), video, audio, dan latar belakang musik (backsound). Dengan tujuan untuk memperkenalkan huruf, pada peserta didik (PAUD).

    Pengoperasikan aplikasi ini sangat mudah (user friendly). Saat guru memberikan ceramah di depan kelas, dengan mudah dapat mengaktifkan latar belakan musik (backsound) dengan pengontrol volume, memindahkan gambar, mengaktifkan/menghilangkan video klip pada layar.

    Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru meminta agar siswa memindahkan abjad /(gambar yang dipilih) pada tempatnya yang sesuai dengan video klip yang sedang berjalan. Hal ini dapat dilakukan secara simultan.

    Pemanfaatan teknologi tepat guna dan tepat sasaran. Aplikasi ini diperuntukkan pada peserta didik PAUD. PAUD adalah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut (TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi). PAUD bertujuan untuk mempersiapkan dan membentuk anak yang berkualitas, sebelum memasuki jenjang-jenjang tersebut. Ruang lingkup berdasar usia peserta didik PAUD:
    • Infant (0-1 tahun)
    • Toddler (2-3 tahun)
    • Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
    • Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
    Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
    Cara menggunakan aplikasi
    1. Optimalkan penggunaan mouse dan jari jika touch screen, akan mendapatkan pesan suara dari gambar tersebut,
    2. klik dan seret dengan mouse/jari salah satu gambar ayam, kambing, atau kucing, kemudian pindahkan gambar tersebut dan letakkan agar menindih kotak segi empat di sebelah kanan,
    3. tombol ulangi, berfungsi untuk mengembalikan pada posisi semula,
    4. siswa diminta untuk memilih abjad untuk mengklik dan menyeretnya untuk ditempatkan pada tempat yang masih kosong, (kotak bawah),
    5. untuk mengaktifkan audio silakan tekan tombol audio dan mengaturnya dengan gain untuk mengatur suara.


    Peralatan yang diperlukan dalam pengembangan
    1. komputer multimedia
    2. kamera style picture, kamera video (dapat menggunakan kamera HP, kamera digital, handy cam, dll)
    3. Anda dapat kembangkan lebih lanjut, mengganti gambar, audio, backsound, dll
    Kembali 
    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Fisika
    Perpindahan sepanjang sumbu -x bergerak ke arah kanan

    Mari kita buktikan  ke atas




    Pembuktian


    Mari kita buktikan






    ------------------------------------------------------------------------------------------------
    Pembuktian


    Kembali

    kembali ke posting terakir

    Multimedia Pembelajaran Interaktif

    Salam kreatif...

    Setelah berselancar (browsing) menyusuri berbagai artikel dengan kata kunci yang Anda masukkan pada mesin pencari, saat ini Anda terdampar pada blog “Multimedia Pembelajaran Interaktif”. Semoga kata kunci yang Anda masukkan sesuai dengan yang Anda inginkan, dan menjadikan tempat terdamparnya para peselancar (pencari informasi) yang lain untuk singgah pada blog ini.

    Mohon pemakluman apabila bila terdapat kata atau penyajian yang kurang berkenan pada pembaca, untuk itu mohon masukan, kritik dan saran.

    Informasi teknologi memanjakan dalam kehidupan manusia, dengan memanfaatkan berbagai peralatan teknologi, misalnya penggunaan mobile phone, iPod, komputer pribadi, komputer kapsul, dll. Dengan peralatan tersebut informasi didapat dengan mudah. Information Teknologi (IT) tumbuh dan berkembang, digunakan hingga menyebar keseluruh dunia hingga berbagai pelosok, akan tetapi tidak semua orang dapat menerima perkembangan IT sebagai solusi. Karena tidak meratanya pemahaman tentang IT, orang dalam mensosialisasikan untuk mengajak orang lain yang belum tahu IT, orang menggunakan kata “melek”, contoh: melek media, melek ICT, melek IT, dll. Setelah sekian lama "melek", apabila kata “melek”, dianalogikan orang tidur menjelang bangun, kemudian kapan kita akan bangun?. Sedangkan teknologi tumbuh dan berkembang, tidak akan pernah berhenti, seiring berjalannya waktu, dan peradaban manusia.

    Hingga saat ini, kita hanya mampu mengejar teknologi, dengan cara membeli berbagai peralatan canggih. Ironisnya dengan peralatan tersebut, kita belum dapat mengoptimalkan teknologi maupun SDM yang ada.

    Teknologi diperlukan untuk dipelajari, dan untuk memecahkan masalah yang kita hadapi. Dan era sekarang bukan lagi era “melek”, saya akan menyebutnya era “Kreatifitas Tanpa Batas”, untuk inovasi. Blog ini membahas secara singkat tentang hal-hal sebagai berikut:
    1. sebuah “media” dapat dikatakan media pembelajaran apabila, media tersebut membawa pesan, atau memuat tujuan pembelajaran di dalamnya. Pada era informasi teknologi (IT), "media" dikatakan multimedia pembelajaran interaktif, mengapa?,
    2. apabila orang lain dapat melakukan pembuatan media, dapatkah saya melakukan hal yang sama?
    3. contoh pelajaran IPA (biologi), fisika, media untuk PAUD, dan matematik, Anda dapat mendownload source. File tersebut diperuntukan bagi guru IPA (biologi), Fisika, Matematik, mahasiswa teknologi pendidikan, siswa smk multimedia, pengembang media berbasis komputer, dan umum, untuk dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut, tidak untuk komersial.
    4. Saksikan PAIKEM beraksi dengan teknologi.
     
     
    Blogger Templates